Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 21 Juli 2018

HUT Ke - 25, Lanal Aru Gelar Bhaksos

KEPULAUAN ARU, Sorotnuswantoronews - Kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap masyarakat  patut diacungi jempol. Pasalanya, dalam rangka memperingati Hut ke - 25 Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Aru, Lanal Aru dibawah Komando Letkol Laut (P) Dwi Atmojo kembali menggelar Bhakti Sosial (Bhaksos).

Bhakti sosial kali ini difokuskan di Desa Kabalukin dan Desa Kalar Kalar, Kecamatan Aru Selatan, Kamis (19) s/d Jumat (20 Juli 2018).

Bhakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh Lanal Aru ini melibatkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kepulauan Aru yakni dr, Kali J.R. Ritonga, dr, Suriadi, dr, Cehni P. Untajana, dr, Krisandi Tuharen, dr, Nelson Peter Nikijuluw, dan dr, Rence Pieterse.

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com di Desa Kalar Kalar, Jumat, (20/7) kehadiran Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Dwi Atmojo dan istrinya Ny Yohana Novianti yang didampingi Pasintel Lanal Aru, Kapten (Mar) Mustafa Bugis beserta rombongannya yang tiba di Desa Kalar Kalar menggunakan KAL P. Trangan 1-09-06 disambut baik seluruh masyarakat di sana.


Nampak apresiasi masyarakat terhadap kepedulian TNI AL, rombongan Komandan Lanal beserta istrinya ini disambut meriah lewat prosesi adat serta disuguhi lagu-lagu Aru yang sangat memukau.

Usai penyambutan, rombongan masih diarak dengan lagu-lagu adat menuju SD Kristen Kalar Kalar tempat dilaksanakan kegiatan bhakti sosial yang sudah disiapkan anggotan Lanal Aru sejak Kamis, (19/7).

Danlanal Aru Letkol Laut (P) Dwi Atmojo dalam sambutanya mengatakan, Kegiatan bhakti Sosial yang kami laksanakan sejak kemarin dalam rangka memperingati HUT Lanal Aru yang ke 25.

Kegiatan bhakti sosial hari ini kami fokuskan di Desa Kalar Kalar untuk mengingatkan kami yang baru dinas di Lanal Aru Maluku bahwa keberadaan TNI AL khususnya Lanal Aru adalah berawal dari Desa Kalar-kalar dan tanpa terasa Lanal Aru kini berumur 25 tahun lebih, "Ujarnya.

Oleh sebab itu kami ucapkan terimakasih kepada Masyarakat Kalar-kalar karena tanpa tangan terbuka  masyarakat, Angkatan Laut tidak akan sampai disini.



Lanjut Danlanal mengaku, walaupun sekarang anggota TNI AL sudah tidak seluruhnya berada di Mako Lanal Kalar Kalar, tetapi masih ada perwakilan yang menjaga Aset TNI AL di Kalar-kalar.
 Dan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar sini, Kapal Patroli TNI AL akan tetap berpatroli walaupun tidak setiap hari beroperasi.

Lanjut dijelaskan, untuk diketahui, keberadaan Lanal Aru bukan pindah dari Kalar-kalar, akan tetapi kami punya kantor baru di Batu Meja Dobo yang secara resmi digeser pada tahun 2012.

"Jadi bukan berarti kami lupa dengan masyarakat yang berada disini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Kalar-kalar yang sudah menerima TNI AL 25 tahun kebelakang sampai dengan sekarang ini, "Tambahnya.

Sementara Kepala Desa yang diwakili oleh Sekertaris Desa Kalar-kalar Bpk. Rekmon Benamen dalam sambutannya intinya mengatakan, Masyarakat di Desa Kalar Kalar Sangat berterima kasih kepada keluarga besar Lanal Aru yang  telah meluangkan waktu untuk berkunjung dan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial disini.

"Kami bersyukur Angkatan Laut masih peduli dan mengingat serta tidak melupakan kami masyarakat Kalar-kalar. Harapan Kami Angkatan Laut yang berada disini akan terus Mengayomi serta slalu menjaga Perairan Kalar-kalar, "Ungkapnya.

Kami juga berharap semoga putra-putri kami bisa direkrut dan dapat mengikuti jejak bapak-bapak menjadi Anggota TNI AL. "Semoga kedepan Angkatan Laut Lanal Aru semakin sukses dan Jaya."

Untuk diketahui, sejumlah kegiatan Bhakti sosial yang digelar Lanal Aru di Desa Kalar sesuai pantauan Sorot Nuswantoro News adalah,  berupa pengobatan gratis, dan pemberian bantuan alat tulis kepada seluruh siswa-siswi SD Kristen Kalar Kalar.

Pemberian bantuan alat tulis tersebut diserahkan langsung oleh Ibu Danlanal Aru Ny Yohana Novianti selaku Ketua Jalasenastri cabang IV Korcab IX DJAT/Lanal Aru yang dibantu sejumlah ibu-ibu Jalasenastri Lanal Aru.

Dalam kegiatan itu pula, Istri Danlanal yang ramah dan murah senyum ini sempat berbagi hiburan mendidik serta memberikan penerapan cara hidup sehat kepada ibu-ibu serta anak-anak yang ada di sana. Lewat kegiatan itu pula, ada pemberian bantuan uang senilai Rp. 5 juta untuk kas Desa Kalar Kalar.


Rombongan yang hadir dalam  kegiatan tersebut Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P)Dwi Atmojo, Ketua jalasenastri Lanal Aru Ibu Yohana Novianti, Palaksa Lanal Aru Mayor Laut (KH)Roni Siburian, S.Pd, Pasintel Lanal Aru Kapten (Mar) Mustafa Bugis beserta Ibu, Paurlid Sintel Lanal Aru Lettu Laut (S) Muklis, Pjs. Kasatbek Lanal Aru Letda Laut (S) Al Amudi beserta ibu, Kasihartib Lanal Aru Letda Laut PM Geger, Ibu-ibu Jalasenastri Cab. 4 Korcab IX DJAT/Lanal Aru, Prajurit Lanal Aru, Ketua dewan Adata Pp. Aru Tonce Galanggoga, Rekan Pers Sdr. Hermanus Yerusa, Pimpinan redaksi Sentral/ Ka. Biro Sorot Nuswantoro News.com dan Yohanes Somey dari Media Inter.

Sementara dr, Kali J.R. Ritonga usai kegiatan kepada Sorot Nuswantoro News mengaku, Bhakti sosial Lanal Aru yang dilaksanak pada hari Kamis di Desa Kabalaukin kemudian lanjut di Desa Kalar Kalar Jumat hari ini, ada 173 warga yang telah diperiksa kesehatannya dan kemudian diberikan pengibatan gratis.

Tidak ada kasus menonjol yang kami temukan terkait kesehatan masyarakat di dua desa yang kami layaani saat ini. Namun ada satu pasien ibu hamil tua di Desa Kabalukin yang terpaksa kami rujuk ke RDUD Dobo karena ibu tersebut mengalami kekurangan darah, "Ungkap Ritonga.

Repoter : Nus Yerusa
Editor  : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"