Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 24 Januari 2019

Fenomena Pasir Pantai Sundak Terbelah Jadi Dua

Yogyakarta Gunung kidul, Sorotnuswantoronews.com - Hujan deras yang mengguyur Gunung kidul yogyakarta senin (21/01/2019) dengan intensitas tinggi menyebabkan pasir laut di pantai Sundak terbelah menjadi dua. Fenomena ini terjadi karena sungai dari daratan terbuka yang dihari biasa tidak turun hujan sungai itu tertutup kembali.

Mbah Bagong pedagang di pantai kebetulan juga ikut parkir menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi mungkin setiap setahun sekali  karena curah hujan maka air yang dari daratan mencari jalan,yang sudah tertutup pasir dan untuk proses nutupnya bekas aliran air yang membelah pasir menuju lautan itu biasa 3 bulan itu kalau tidak terjadi hujan terus.

Mbah Bagong juga menjelaskan bahwa pantai yang sekarang dikenal
dengan nama Sundak itu dulu biasa di sebut pantai *wedi bedhah* mungkin karena pasirnya kadang terbelah itulah masyrakat  menyebut wedi bedhah.

Namun seiring berjalanya waktu nama wedi bedhah itu sekarang menjadi Sundak. Dan fenomena pasir bedhah itu bukan hal yang baru lagi untuk warga sekitar pantai sundak, tetapi ini menarik untuk wisatawan yang ingin melihat hal ini," imbuh mbah bagong.


Reporter:Mugiyat
Editor: *Mas pay*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"