Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 30 Januari 2019

Laka Laut Kembali Terjadi di Laut Aru

Kepulauan Aru, Sorotnuswantoronews.com - Kecelakaan laut (Laka Laut) kembali terjadi di perairan laut Aru pada senin, (30/1/2019). Tidak ada korban jiwa atau material dalam kejadian tersebut.

Menurut informasi dari Jefri Ratu, salah satu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KabupatenKepulauan Aru, kejadian tersebut diketahui pihaknya melalui sambungan telephone wakil Bupati Kepulauan Aru, Muin Sogalreiy yang memerintahkan agar segera dilakukan tindakan penyelamatan terhadap Kapal Motor milik warga Desa Namara yang mengalami patah kemudi dan terapung di seputaran perairan Desa Lau-Lau (Pulau Babi).

Setelah mendapat perintah dari Wakil Bupati, dirinya langusng melaporkan kejadian tersebut ke Pasintel Lanal Aru, Kapten Mar Mustafa Bugis,

Tak menunggu lama, Pasi Intel Lanal Aru langsung bertindak cepat. Pukul 14.00 Wit Tim Sar Kepulauan Aru yang terdiri Dari Lanal Aru dan BPBD Aru dan Brimob Subden 2 Plopor  Kepulauan Aru melaksanakan persiapan  menuju Lokasi kejadian.

Pukul 14.05 Wit Rombongan Tim Sar bergerak menuju Lokasi Laka laut yang berjarak - + 18 Nm dengan menggunakan Sea Raider Lanal Aru yang di pimpin Oleh Pasintel Lanal Aru Speed Milik BPBD kepulauan Aru, Km.Kobror, dan Km.Trangan milik Dishub kepulauan Aru.

Ditengah perjalanan, sekitar pukul 15.00 Wit di dapat info Via telepon dari salah satu keluarga yang penumpang Motor kampung tersebut, bahwa Motor kampung yang mereka tumpangi sudah Tiba dengan selamat di Desa Namara,dengan berlayar menggunakan daun kemudi manual dan seluruh penumpang dalam keadaan sehat selamat. Selanjut nya Tim Sar kembali menuju pelabuhan  Yos Sudarso Dobo.

Untuk diketahui, sebelumnya Lanal Aru Aru telah menginstruksikan himbauan kepada para pemilik motor kampung dan kepada seluruh nelayan untuk tidak melakukan pelayaran mengingat yang akan adanya cuaca ekstrim yang akan terjadi di perairan kepulauan Aru. Namun ada beberpaa warga yang masih bandel dan tidak mengindahkan himbauan dan larangan dari petugas.

Dari kejadian ini maupun kejadian-kejadian laka laut  yang telah menelan puluhan korban di laut Arafura, maka diharpakan kepada para petugas di  instansi terkait Agar menindak tegas kapal-kapal yang masih membandel (tidak mengindahkan perintah) dengan cara menahan sementara Kapal milik warga tersebut demi keselamat bersama.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"