Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 17 Januari 2019

Pengurangan Resiko Bencana Di Tuban Di Tekankan Oleh Wabup

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Mengawali tahun 2019, Pemkab Tuban di anugerahi penghargaan Adipura, sebuah penghargaan terkait pengelolaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

" Oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih kepada OPD dan stakeholder terkait dan juga kepada seluruh masyarakat Tuban yang terus menjaga lingkungan tetap bersih dan indah," paparnya.

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., saat memberikan amanat pada upacara 17 - an, Kamis ( 17/01/2019 ) di halaman kantor Pemkab Tuban, yang di hadiri Sekretaris Daerah, pimpinan OPD dan seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Tuban.

Lebih lanjut, Wabup menuturkan rasa syukur atas capaian yang di raih harus di wujudkan dengan menjadikannya sebagai motivasi untuk dapat berbuat dan bekerja lebih baik lagi.

" Agar kita semua termasuk dalam golongan yang beruntung bukan golongan yang merugi," tambahnya.

Memasuki puncak musim penghujan pada bulan Februari - Maret mendatang, Wabup mengingatkan untuk mewaspadai potensi bencana yang muncul. Di antaranya  fenomena hujan lebat, tanah longsor dan angin puting beliung yang di sebut dengan faktor hydrometeorology yang terjadi di Kabupaten Tuban.

Tercatat 2 bulan terakhir terjadi beberapa kejadian antara lain kebakaran, angin puting beliung dan tanah longsor. Oleh karena itu, di perlukan upaya untuk mengurangi resiko resiko bencana yang ada.

Menyikapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Tuban telah melaksanakan beberapa upaya mitigasi antara lain dengan pembentukan Destana, Sekolah/Madrasah aman bencana, pembentukan Sekber relawan di masing - masing Kecamatan.


Upaya tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam Pengurangan Resiko Bencana ( PRB ).“ Kami menyampaikan apresiasi atas upaya yang di lakukan BPBD Tuban,” ujarnya.

Di samping itu, konsep yang di usung BPBD Tuban berupa Harmony With Disaster menjadi upaya guna mengurangi resiko bencana bagi masyarakat. Juga dengan bertambahnya peta ancaman bencana di Kabupaten Tuban, yakni potensi gempa dengan 2 pemicu Cesar Kendeng dan Cesar Rembang, BPBD telah menyiapkan Early Warning System guna membantu memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

“ Di harapkan menjadi konsep yang di kembangkan BPBD menjadi budaya dan keharusan bagi masyarakat dalam mengurangi resiko bencana secara terus menerus dan rutin,” pinta Wabup.

Pada kesempatan ini juga penyerahan hasil audit Akuntan Publik tahun 2017 dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian kepada Baznas Kabupaten Tuban. Juga di serahkan penghargaan untuk Unit Pelayan Zakat OPD/Kecamatan/Perusahaan dengan kinerja teroptimal dan teraktif tahun 2018.

UPZ OPD Teroptimal diberikan BPPKAD Kabupaten Tuban, UPZ Kecamatan Teroptimal di terima oleh Kecamatan Bancar, dan UPZ Perusahaan Teroptimal di serahkan kepada PT Semen Indonesia. Sedangkan UPZ Perusahaan teraktif di terima oleh PT TPPI.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"