Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 09 Januari 2019

Resepsi HAB Kemenag Ke - 73 Di Hadiri Bupati Tuban

Tuban, sorotnuswantoronews.com - Bupati Tuban turut hadir dalam resepsi Hari Amal Bhakti ( HAB ) Kementerian Agama ( Kemenag ) RI ke-73 tahun 2019 yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, Rabu ( 09/01/2018 ).

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda mengucapkan terima kasih atas kerja sama Kemenag dengan Pemkab Tuban yang selama ini telah berjalan dengan baik.“ Salah satu contohnya adalah seperti dalam penyelenggaraan Ibadah Haji.” paparnya.

Selain itu Bupati juga menyinggung terkait guru IGRA yang saat ini perlu mendapat perhatian dalam hal kesejahteraannya. Kepada mereka yang belum mendapatkan intensif, Bupati berharap dapat segera di urus dan terealisasi.

“ Katanya sampai beberapa tahun ada yang tidak terealisasi, untuk itu saya meminta kepada Sekretaris Daerah, Dinas Pendidikan dan Kemenag Tuban untuk segera di tindak lanjuti, paling lambat pada P -APBD 2019 harus sudah terelasisasi,” tegas orang nomor satu di bumi wali ini.

 Mengingat hal tersebut, dalam proses pengurusannya harus sudah di verifikasi sesuai dengan aturan yang berlaku, dan jangan sampai overlap, sehingga nilai keadilannya ada.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengapresiasi telah di gagasnya Perda Akhlakul Kharimah yang  kemudian dijabarkan dalam Perbup yang menjadi salah satu syarat utama untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP di haruskan memiliki ijazah TPQ.


“ Saya berharap agar masyarakat Tuban lebih mendekatkan diri dan menanamkan jiwa akhlakul kharimah, dengan menjalankan semua perintah Allah SWT,” jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan terkait dengan kesejahteraan guru -guru TPQ yang Insya Allah kedepannya akan di ikutkan dalam asuransi tenaga kerja. Seperti pada PNS yang punya pensiunan, harapannya guru -guru yang belum PNS agar mendapatkan pensiun juga nantinya.

Di akhir sambutannya Bupati juga mengingatkan agar masyarakat tidak mengkijing kuburan. Hal ini sudah tertuang dalam Perda dan Perbup yang mengatur dan melarang untuk tidak membangun kuburan secara permanen pada kuburan umum, karena hal tersebut dapat merugikan orang lain, karena semakin sempitnya lahan saat ini, ” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kemenag Tuban, Drs. H. Sahid, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah hadir dalam mendukung acara ini serta ucapan terima kasih kepada Bupati Tuban yang sudah mengizinkan menggunakan seluruh fasilitas Pendopo Kridho Manunggal.

“ Saya sangat berterima kasih kepada seluruh undangan yang hadir, khususnya bagi undangan yang di luar ASN yang telah mendukung tugas  pokok dan fungsi Kemenag selama ini,” paparnya.

Sahid menambahkan bahwa sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat ", Kemenag mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama Kabupaten Tuban khususnya, terutama menghadapi tahun politik sekarang ini, untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan antara sesama, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.

“Jauhi saling menebar benci, saling melempar fitnah keji, saling menyuburkan penyakit hati, dan jauhi segala ujaran perilaku dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama anak negeri. Seyogyanya perilaku kita sebagai pejabat dan ASN mencerminkan kemuliaan agama dimana antara kata dan perbuatan harus saling serasi, antara kesholehan personal dan kesholehan sosial saling melengkapi,” terangnya.

Untuk itu Sahid mengharapkan agar semua kelompok dan golongan agar dalam setiap kata haruslah menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran dan keikhlasan dan harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik memberi kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas.

Sahid juga menjelaskan bahwa memasuki tahun 2019, Kemenag Tuban mendapatkan bantuan dari Pemerintah pusat dalam rangka untuk menerapkan layanan ibadah haji yang mantab, efektif dan efisien sebesar 1,9 milyar rupiah, selain itu juga mendapatkan bantuan berupa SDSN bagi satuan kerja yang ada di ma’had MAN 1 Tuban sebesar 3,1 milyar rupiah. Oleh karena itu, Kemenag Tuban berkomitmen untuk terus melayani masyarakat Tuban dengan sepenuh hati dan sebaik -baiknya.

Dalam acara yang di hadiri jajaran Kemenag Tuban tersebut juga diserahkan bantuan Grobak Usaha untuk 1 orang, Modal Usaha untuk 3 orang serta Purna Karya untuk 1 Orang dan Santunan Yatim Piatu sebanyak 31 orang, bantuan tersebut di berikan oleh Baznas Kabupaten Tuban melalui UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten TubanResepsi HAB Kemenag Ke - 73 Di Hadiri Bupati Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"