Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 31 Januari 2019

Pesan Wabup Tuban, Anggota PMI Fahami Mitigasi Bencana

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menghadiri  Musyawarah Kerja ( Muker ) Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Tuban tahun 2019, Kamis ( 31/01/2019 ),  Bertempat di ruang pertemuan Aula PMI Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan itu, Wabup bersama Sekretaris Daerah, dan 47 anggota PMI Kabupaten Tuban juga meninjau fasilitas di PMI  yang berada di Jl. Pramuka tersebut.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban menyampaikan bahwa dengan adanya Undang - Undang No. 1 tahun 2018 tentang kepalang merahan sebagai landasan hukum dalam operasional PMI. Wabub juga memberikan motivasi untuk menjalankan tugas mulia ini.

“ Mengingat saat ini eksistensi PMI semakin dibutuhkan masyarakat,” paparnya.

Selanjutnya, Wabup menjelaskan kegiatan PMI merupakan bentuk pengabdian dan amal sholeh yang terus mengalir sampai akhir hayat.  Dengan tingginya kerawanan bencana, anggota PMI di harapkan memahami perihal mitigasi bencana. Di samping itu, pengetahuan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ( P3K ) dapatnya di masukkan dalam kurikulum sekolah.

Dalam memberikan pelayanan, Wabup menginstruksikan agar anggota PMI tidak bersikap diskriminatif.

“ PMI tidak boleh membedakan ras, suku bangsa, warna kulit maupun status sosial masyarakat,” terangnya.


Sementara itu, Sekda selaku Ketua PMI Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., melaporkan bahwa Musker menjadi agenda rutin PMI sebagai pertanggung jawaban dan evaluasi kinerja pada tahun 2018. Selain itu, juga di lakukan penyusunan rencana kegiatan PMI di tahun 2019. 

“ Tahun ini, prioritas PMI Kabupaten Tuban yaitu mengoptimalkan peran anggota dalam memberikan pelayanan terkait dengan darah. Salah satunya dengan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk donor darah dan pendistribusian supply darah,” terang Budi Wiyana.

Di samping itu, PMI Tuban mempunyai potensi kegiatan yang lain yaitu mendukung bakti sosial kemanusiaan yang di sinergikan dengan Pemkab Tuban, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ). Oleh karena itu, perlu adanya bantuan dari Pemkab Tuban untuk optimalisasi sarana dan prasarana.

Lebih lanjut, Budi Wiyana menambahkan bahwa kuantitas dan kualitas sumber daya manusia perlu di tingkatkan. Pihaknya  secara bertahap melakukan upaya pendidikan dan pelatihan relawan.

“ Mengingat anggota PMI Tuban juga di libatkan pada kegiatan sosial di luar Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"