Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 28 Januari 2019

Hujan Deras Melanda Lamongan, Ratusan Rumah Terendam Banjir Di Pantura

LAMONGAN, sorotnuswantoronews.com - Intensitas hujan yang tinggi disertai angin yang kencang di Kabupaten Lamongan beberapa hari ini berdampak banjir bandang terjadi di wilayah Paciran. 2 Desa yakni Desa Kranji, Kecamatan Paciran dan rumah warga di Dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati terendam banjir dengan ketinggian bervariatif mulai selutut hingga seleher orang dewasa, Senin (28/1/2019).

Banjir bandang yang melanda wilayah Paciran ini terparah dalam 6 tahun terakhir ini. Bahkan Perumahan Graha Indah yang ada di Desa Kranji Kec Paciran, sebelah selatan Makam Sunan Drajat nyaris tenggelam.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan di Perumahan Graha Desa Kranji Kecamatan Paciran Blok D sebanyak 120 yang tergenang dan di Blok C sebanyak 60 rumah.

Meski saat ini air sudah mulai surut, namun genangan masih terjadi dengan warna air yang cukup keruh dengan ketinggian air sekitar 50 cm.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan bertindak cepat dengan peristiwa banjir yang terjadi di Kawasan Kecamatan Paciran. BPBD menerjunkan Tim Reaksi Cepat untuk mengevakuasi korban banjir.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Suprapto membenarkan adanya banjir bandang di wilayah Paciran ini. Banjir kali ini kata dia, selain merendam rumah jalan desa juga beberapa lembaga pendidikan dan tempat ibadah.

“Penyebab banjir karena tadi malam terjadi hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan luapan di sungai karena sungainya tidak bisa menampung intensitas debit air yg sangat tinggi, akhirnya air meluap ke rumah warga dan jalan sejak pagi tadi,” katanya.

lanjut Suprapto, semua petugas terkait mulai dari tim TRC BPBD Lamongan, jajaran pemerintah Kecamatan Paciran, Satpol PP, petugas pemadam kebakaran dan para relawan sudah standby di lokasi untuk membantu mengevakuasi warga dan bersiaga di lokasi, ”pungkas dia.

Reporter : Rumaji
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"