Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 01 Januari 2020

Jelang Perayaan Tahun Baru 2020 Kapolda Jateng Tinjau Pengamanan Kota Lama Semarang

Semarang, SNN.com - Pastikan  Pengamanan jelang Perayaan Tahun baru 2020 , Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Kapolrestabes Semarang Brigjen Pol Abioso Seno Aji melakukan pemantauan pengamanan malam tahun baru di kawasan Kota Lama, Semarang, Selasa (31/12/19) sore ini.

Kapolda Jateng melihat secara langsung pos pengamanan yang ada di Polsek Semarang Utara yang letaknya berada di kawasan Kota Lama.

Kapolda Jateng menyempatkan  Berbincang menyapa masyarakat yang saat itu berwisata di kota lama semarang.

Hari sebelumnya, Polda juga telah memasang beberapa camera closed television (CCTV)  di sejumlah sudut di kawasan wisata Kota semarang sebagai andalan  wisata di kota Semarang ini.
CCTV ini mempunyai fungsi untuk memantau apabila ada tindak kejahatan di sekitar lokasi,  selanjutnya petugas yang berada di lokasi bisa langsung turun ke lokasi dimana tindak pidana terpantau CCTV.

''Pemasangan CCTV ini dilakukan sebagai upaya Polda Jateng dalam melakukan pengamanan dan pengawasan saat perayaan malam pergantian tahun di kawasan Kota Lama,'' jelas Kapolda Jateng.


Kapolda Jateng menambahkan jika terjadi kondisi darurat, CCTV yang telah terhubung dengan beberapa instansi itu akan memberikan informasi sehingga akan  cepat dilakukan tindakan oleh aparat kepolisian di wilayah setempat. 

Selain itu, CCTV juga bisa membantu aparat kepolisian setempat dalam mengenali pelaku kriminal di wilayah tersebut baik melalui pakaian atau peralatan yang digunakan.
CCTV tersebut juga bisa memantau aecara dini kondisi Kota Lama jika terindikasi adanya kejahatan maupun bencana.

Sebenarnya Selain di Kota Lama, CCTV juga dipasang di daerah lain  yang di mungkinkan  didatangi banyak orang untuk merayakan malam pergantian tahun.

'' saat ini total ada 40 CCTV yang di pasang, di kota Semarang  khusus di Kota Lama sekitar 20 CCTV. Sedang di kota lain yakni kota solo tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Solo juga ada. Total 50 CCTV yang kita pasang di Semarang dan Solo. Sedang untuk lokasi lain seperti Simpang Lima sudah terpasang CCTV, tinggal di integrasikan dengan yang di Kota Lama,” ungkap Kapolda.


Dalam waktu yang sama kepada awak media  kapolda Jateng menegaskan  pengamanan malam tahun baru di seluruh jajaran Polda Jawa Tengah merupakan rangkaian dari pada Operasi Lilin Candi 2019 yang digelar sejak  23 Desember yang lalu dan akan berakhir pada 1 Januari 2020.

'' Sedang Pola pengamanan diterapkan di Polda Jawa Tengah adalah maximum security, terutama tetap memfokuskan pengamanan di tempat-tempat ibadah seperti di gereja di mana umat Kristiani  melaksanakan ibadah gereja,'' ungkapnya.

Reporter : Adi.OneOne
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"