Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 26 Mei 2021

Digitalisasi Pemerintahan, 5 Aplikasi Layanan Masyarakat Diluncurkan


Lamongan, SNN.com - Bertepatan dengan Peringatan Haji Jadi Lamongan (HJL) ke-452 Bupati YES melaunching 5 aplikasi layanan masyarakat. Peluncuran 5 aplikasi itu dilakukan untuk menghadirkan pemerintahan yang lebih dekat dengan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati YES saat acara Pasamuan Agung Peringatan HJL ke-452, Rabu (26/5) di Pendopo Lokatantra.

“Banyak perubahan-perubahan yang terjadi belakangan ini, baik perubahan perilaku bahkan pandemi yang mengharuskan pemerintah mengikuti perkembangan tersebut. Kita dituntut  menjadi lebih aspiratif dan adaptif sehingga mampu hadir di tengah masyarakat lebih dekat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan digitaliasai pemerintahan dengan meluncurkan 5 aplikasi yang memudahkan layanan kepada masyarakat yakni Digital Signature (Tanda Tangan Elektronik), Program 3 in 1, iLamongan, SIPPOMA, dan LAPOR PAk,” Ungkap Bupati YES.

Beliau menjelaskan untuk Digital Signature terdapat beberapa OPD yang telah menggunakannya salah satunya yakni DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu). Untuk melakukan proses perijinan penandatanganannya bisa dilakukan secara digital sehingga tidak perlu menunggu atau tandatangan basah.

Program 3 in 1, dikeluarkan oleh Disdukcapil yakni setiap mereka yang melahirkan di Rumah Sakit ataupun Puskesmas saat pulang akan mendapat dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga Baru, Akta Anak, dan Kartu Induk Anak (KIA).

Sedangkan, i Lamongan merupakan aplikasi dari Perpustakaan Daerah Lamongan yang menyajikan perpustakaan digital Lamongan sehingga bisa membaca buku di rumah saja. Aplikasi bisa didownload secara gratis baik melalui Google play maupun Appstore serta desktop melalui alamat http://ilamongan.moco.co.id/.
SIPPOMA adalah Solusi Pelayanan Publik Berbasis Online dan Mandiri dari DPMPTSP. SIPPOMA memberikan solusi bagi masyrakat dan dunia usaha dalam melakukan proses pelayanan perijinan yang cepat, mudah, transparan, serta professional. Pengaju Perijinan bisa memantau dari rumah sampai mana proses perijinannya, apa saja yang kurang dan perlu dilengkapi.


Yang terakhir yakni LAPOR PAK (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) yang merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat dengan motto “Berani Lapor untu pelayanan public yang lebih baik”. Melalui aplikasi ini semua keluhan masyarakat bisa disampaikan dan akan ditindaklanjuti secepatnya oleh pemerintah daerah.

“Harapannya ke depan Pemerintah Kabupaten Lamongan dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, memberikan kemudahan, dan memperbaikai kualitas layanan,” ujar YES.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"