Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 22 Mei 2021

Sebanyak 62 Kades Terpilih Akan Segera Dilantik


Probolinggo, SNN.com - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap satu di 62 desa se-Kabupaten Probolinggo telah selesai dilaksanakan pada Minggu (2/5) lalu. Saat ini, para kades terpilih di 62 desa itu tinggal menunggu prosesi pelantikan yang direncanakan akan digelar pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Penataan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Nur Rahmat Sholeh. Ia mengatakan bahwa saat ini masih masuk dalam tahapan pelaporan.

Dimana, panitia pilkades harus melaporkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara. "Dilengkapi dengan berita acaranya," katanya, Rabu (5/5).

Nur Rahmad menjelaskan, tahapan ini membutuhkan 7 hari jam kerja terhitung sejak selesainya pemungutan suara, atau akan selesai pada Selasa (11/5) mendatang.

Selanjutnya, BPD setempat akan meneruskan laporan tersebut kepada Bupati Probolinggo melalui camat masing-masing. Untuk meneruskan laporan itu, BPD juga mempunyai waktu 7 hari jam kerja atau sampai pada tanggal 20 Mei 2021. Tak hanya meneruskan, dalam laporannya, BPD juga meminta bupati untuk melakukan pengesahan terhadap kades terpilih. 

"Hitungannya bukan kalender biasa, tapi kalender hari kerja," ujarnya.

Setelah itu, bupati mempunya waktu sebanyak 30 hari jam kerja, terhitung sejak laporan diterima.

Melalui sambungan seluler, Nur mengaku belum bisa memastikan batas waktu pelaporan bupati ini sampai tanggal berapa. Karena beberapa hari kedepan banyak momentum hari libur. Di antaranya libur Hari Raya Idul Fitri dan libur hari biasa sabtu dan minggu. "Kami perkirakan bulan 8 nanti, "jelasnya.

Reporter : Arini
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"