Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 08 April 2018

Dewan Pimpinan Daerah LEMBAGA INVESTIGASI NEGARA (LIN) JAWA TIMUR LAKUKAN KONSOLIDASI

Lamongan, sorotnuswantoronews.com - Ajang silaturahmi DPD LIN (Lembaga Investigasi Negara) Jawa Timur (06/01/2018) bertempat dikantor sekretariat DPD Jawa Timur Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Yang dihadiri seluruh jajaran DPD LIN Jawa Timur dan beberapa DPC Kabupaten se Jawa Timur. Rapat konsolidasi berlangsung tertib dan lancar di hadiri Pembina LIN Pusat Roby Irawan Waratmoko dan Ketua DPD LIN Jatim Achmad Wafa Isvianto di dampingi sekretaris daerah Arie Kasmari serta sekitar 60 orang anggota seluruh Jawa Timur.

Dalam sambutannya Pembina LIN mengatakan sebuah lembaga yang terbentuk dari denyut nadi para pemuda yang mempunyai cita – cita mewujudkan kemerdekaan bangsa indonesia, menjadi bangsa yang besar, adil, makmur, serta sejahtera secara merata aman dan sentosa. Dalam mewujudkan hal tersebut negara kita harus bersih, berwibawa dan bebas dari korupsi, kolusi dan Nepotisme. 

Pekerjaan besar sedang menunggu Lembaga Investigasi Negara (LIN) untuk melakukan pengawalan, pengawasan terhadap pemerintah selaku penerima amanat rakyat. Sesuai UUD Negara republik Indonesia Tahun 1945 pasal 1 ayat (2). Kitapun berkewajiban mendorong pemerintah agar dapat mengelola kekayaan alam indonesia secara benar. Lembaga Investigasi Negara telah berkoordinasi secara vertikal maupun horizontal disegala komponen elemen pemerintah dan masyarakat. Imbuhnya Gus Robi sapaan akrabnya.

Dalam sambutannya Ketua DPD LIN Jawa Timur Achmad Wafa Isvianto mengatakan ini adalah rapat pemantapan agar LIN di Jawa Timur semakin solid.

"program brilian Lembaaga Investigasi Negara mengacu Aggaran Dasar Rumah tangga (AD/ART) membentuk departemen departemen seperti : Korps Komando Daerah, Divisi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Divisi Humas dan Hubungan Antar lembaga, Divisi Investigasi Sosial/Penyakit Masyarakat (Pekat), Divisi Investigasi Cyberspace, Divisi Investigasi Ekonomi, Divisi Investigasi Budaya dan Aliran Kepercayaan Masyarakat, Divisi Investigasi Politik dan Keamanan (Polkam), Divisi Investigasi Logistik, Divisi Investigasi Etika Profesi Aparatur Negara/LSM/Wartawan, Divisi Investigasi Pelayanan Konsumen, Divisi Investigasi Pendampingan Korban Kekerasan, Divisi Investigasi Khusus Pertahanan Darat, Laut dan Udara, Divisi Investigasi Perlindungan Anak dan Wanita, Divisi Investigasi Lingkungan Hidup dan Satwa, Divisi Investigasi Narkotika, Srikandi. "tambahnya.

Wafa mengatakan Lembaga Investigasi Negara juga merupakan salah satu modal sosial yang akan menjadi pengawas, penyeimbang, dan membantu pemerintah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Wafa juga meminta kepada setiap pengurus di kabupaten untuk menyuarakan, advokasi, dan memperjuangkan aspirasi masyarakat sesuai dengan wilayah kerja masing-masing.

Ia menyebutkan Lembaga Investigasi Negara saat ini fokus pada lima hal yang bersifat krusial, diantaranya pengawasan dana desa, pendidikan, kesehatan, pengawasan aparatur pemerintah, dan pengawasan dana publik.

Lembaga Investigasi Negara adalah Lembaga Sosial Kontrol yang selalu mengawasi Penggunaan APBN/ APBD dan Ketidakadilan baik di Tingkat Pemerintah maupun di Swasta, Maka saya minta Kepada Seluruh Keluarga Besar Lembaga Investigasi Negara Jawa Timur , Mari kita Bangun Kekuatan dan Kebersamaan untuk Melawan dan Lawan, sesuai dengan slogan kita, sunyi senyap sampai tujuan, "Pungkasnya.


Reporter  : Agus Fitrianto
Editor    :
Publisher :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"