Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 30 April 2018

DIBALIK BERMANFAAT UNTUK WARGA TERNYATA TELAGA KERDONMIRI MENYIMPAN MISTIS

Gunung kidul, Senin, (30/04/18) Sorotnuswantoro news - Telaga Kerdonmiri yang terletak di kelurahan Karangwuni Kecamatan Rongkop yang dibangun dan diresmikan tanggal 27 November 1984 oleh KGP AA Pakualam VIII ini sangatlah mempunyai manfaat besar untuk warga sekitar. Disamping untuk mandi, mencuci bahkan minum setiap hari.

Akan tetapi seiring perkembangan tahun saat ini telaga itu jarang dipakai untuk mandi, karena sudah ada pam masuk desa. bahkan untuk saat ini oleh karang taruna dijadikan kolamisasi.

Ketua karang taruna Bambang setyo yuwono mengatakan, untuk saat ini Telaga tersebut digagas sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan masyrakat. Sebagai contoh kita kasih benih ikan dengan modal awal pinjam dari LPMP sebesar 400 ribu ditambah dengan kas karang Taruna sebesar 1.5 juta.

Tidak hanya berhenti disini, karang taruna yang dibantu oleh tokoh masyarakat rt 1, 2 dan 3 juga mengajukan bibit dan direalisasi sejumlah 65 kg bibit ikan nila, tombro dan tawes. "Tambahnya.

Setyo yuwono melanjutkan, bahwa pengelolaan telaga sudah dimulai pada tahun 2017 dan pemancingan untuk umum dimulai awal tahun 2018. Hasil dari penggalangan dana mancing sampai saat ini sudah terkumpul sebanyak 16.967.000.

Disisi lain Syaid warga Kerdonmiri menyampaikan dari sisi manfaat tersebut ada juga sisi mistisnya. Banyak warga yang percaya air dari Telaga tersebut bisa untuk mengobati penyakit,

Tak sedikit warga yang datang meminta bantuan kepada Syaid untuk mengambilkan air untuk pengobatan. bahkan diyakini air dari telaga juga bisa untuk membikin keluarga yang sedang bercekcok menjadi harmonis. "Imbuhnya.

Telaga tersebut juga sangat nyaman untuk kita menenangkan diri dari segala masalah. "Tutupnya.

Reporter:Umar
Editor: mas pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"