Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 13 April 2018

Gerindra Yakin Prabowo Tak Kesulitan Hadapi Jokowi pada Pilpres 2019

 Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto
Sorotnuswantoronews.com - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani meyakini ketua umumnya, Prabowo Subianto, tak akan kesulitan dalam menghadapi Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Muzani mengatakan pihaknya telah memiliki catatan atas kekalahan Prabowo dalam Pilpres 2014 lalu.

"Kami punya pengalaman berhadapan dengan Pak Jokowi di tahun 2014 dan kami punya banyak catatan. Sehingga catatan itu yang akan kami buka kembali," ujar Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Muzani tak sepakat dengan pendapat bahwa Prabowo akan kesulitan dalam menghadapi Jokowi atas dasar perbedaan elektabilitas.

Meski beberapa hasil survei menyatakan elektabilitas Prabowo saat ini masih jauh di bawah Jokowi, namun Muzani tak melihat hal itu sebagai persoalan.

Ia menuturkan, pada Pilpres 2014 kesenjangan elektabilitas juga terjadi. Ketika mesin partai bergerak, pertarungan sengit pun terjadi.

Hal yang sama terjadi ketika Gerindra mendukung Joko Widodo menghadapi Fauzi Bowo pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2012. Sebelum pemilihan, elektabilitas Jokowi berada di bawah Fauzi Bowo.

"Sama saja ketika gap di Pilkada DKI. Gap-nya jauh antara Pak Jokowi dengan Foke (Fauzi Bowo). Kami juga punya cara bagaimana memenangkan Pak Jokowi," tuturnya.

Selain itu ia juga mencontohkan upaya Gerindra saat memenangkan Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Secara elektabilitas, Anies Baswedan selalu berada di bawah lawannya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Kami juga punya cara memenangkan Anies. Jadi cerita itu biasa dalam sebuah pilkada dan pilpres, bukan sesuatu yang mengucurkan keringat," kata Muzani.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya memprediksi posisi Prabowo Subianto akan sulit dalam menghadapi Presiden Joko Widodo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pasalnya Prabowo tercatat sudah dua kali menjadi mencalonkan diri, yaitu di Pilpres 2009 sebagai cawapres Megawati dan di Pilpres 2014 sebagai capres. Namun, Prabowo gagal.

"Kalau kita menggunakan pendekatan kualitatif atau pendekatan brand, sebuah produk yang pernah di-launching dua kali dan gagal berturut-turut biasanya sulit untuk di-launching ketiga kalinya dan berhasil. Itu Pak Prabowo menurut saya," ujar Yunarto saat dihubungi, Kamis (12/4/2018).

Menurut Yunarto, posisi Prabowo akan lebih menguntungkan bila menjadi "king maker" dengan mengajukan calon lain. Misalnya figur mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Belakangan mereka disebut-sebut sebagai calon kuat pendamping Prabowo.

Yunarto mengatakan, meski elektabilitas Gatot dan Anies saat ini masih rendah, namun ia menilai keduanya memiliki efek kejut yang tidak dimiliki oleh Prabowo.

Ia mencontohkan bagaimana Anies mampu mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Saya meyakini peluang Gatot dan Anies masih ada. Walaupun elektabilitasnya rendah ketika disurvei tapi dia bisa punya efek kejut, daya kejut yang tidak dimiliki oleh Prabowo. Jadi menurut saya faktor 'fresh' itu sudah hilang dari Prabowo dengan kegagalan dua kali yang dialami dari dua pemilu," kata Yunarto.

"Itu menurut saya menarik untuk dikaji dalam konteks ingin memenangkan pertarungan dengan Jokowi yang tidak mudah," ucapnya.

(KMS/Yax) *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"