Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Kamis, 13 Mei 2021

Penerapan Prokes Sholat Ied Di Masjid Ja'far Bin Abi Tholib


Gunungkidul, SNN.com,- Warga masyarakat Dusun Ngelo, Kalurahan Petir, Rongkop, Gunungkidul, D.I. Yogyakarta melaksanakan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid19. Sholat hari raya Idul Fitri berlangsung khidmat di Masjid Ja'far Bin Abi Tholib. Selaku Imam Khotib ustad Nardi selaku PPAI Kantor Urusan Agama (KUA) Kapanewon Rongkop.

Dalam pelaksanaan Sholat Ied ini juga menerapkan prokes 5M. Takmir masjid juga mempersiapkan masker, tempat cuci tangan dan hand sanitizer bagi jamaah.

Pelaksanaan sholat Id yang dimulai sekitar pukul 6.45 WIB, diikuti hanya warga jamaah dari dusun setempat. Mereka tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Dalam khotbah Idul Fitri Ustad Nardi menekankan bahwa hari raya Idul Fitri menjadi hari kemenangan seluruh umat islam setelah melaksanakan puasa selama bulan Ramadhan 1442 H. Setelah selesai melaksanakan puasa di bulan Ramadhan seharusnya keimanan dan ketaqwaan kita semakin meningkat, sesuai bulan syawal yang berarti bulan peningkatan. Inshaa Allah kita semua di bulan syawal ini menjadi insan yang lebih meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaanya.


Usai sholat Idul Fitri diadakan syawalan khusus buat jamaah. Tidak seperti biasanya setelah sholat Ied langsung berkunjung ke rumah-rumah warga untuk halal bil halal, namun karena tahun ini masih berada di masa pandemi Covid 19 hal ini ditiadakan. Disarankan agar yang memiliki media untuk saling silaturahmi dan memberikan ucapan hari raya dengan bijak melalui media sosial.

Reporter : Wajiyo
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"