Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Senin, 07 Juni 2021

13 Juni 2021 PCNU Gunungkidul Akan Menggelar Konfercab


Gunungkidul, SNN.com,- Sekitaran Seminggu kedepan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Gunungkidul bakal menggelar acara bergengsi berupa Konfrensi Cabang. (Konfercab). Dalam perhelatan tersebut akan memilih dan atau  menentukan ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Gunungkidul untuk lima tahun kedepan. Hal ini disampaikan oleh Ketua PCNU gunungkidul, D.I.Yogyakarta setelah selesai acara prakonferensi Cabang Nahdlatul Ulama yang kesebelas (11), yang berlangsung di gedung pertemuan kampus STAIYO Wonosari hari minggu 6 juni 2021.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya bupati Gunungkidul H.Sunaryanta, segenap pengurus PCNU, para alim ulama, perwakilan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) sekabupaten Gunungkidul dan sejumlah undangan. 

Ketua PCNU kabupaten Gunungkidul K.H Drs.Arif Gunadi S.Ag.M.Pd.I yang dihubungi media setelah usai prakonfercab mengatakan, Alhamdulillah pelaksanaan prakonfercab berjalan dengan lancar dan juga semua sangat mengapresiasi dan menyambut gembira. Dimana pelaksanaan prakonfrensi sebagai satu inovasi dalam berorganisasi. Sebab karena didalam Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART) tidak ada ketentuan untuk melaksanakan prakonfrensi tersebut. Hanya karena masa pandemi covid19 ini kemudian dilaksanakan prakonfrensi.

Menurut Arif Gunadi yang juga menjabat kepala kemenag kabupaten Gunungkidul sampai hari ini, pada prinsipnya apa yang diputuskan kemarin berupa rancangan tata tertib, kemudian sidang-sidang komisi,itu pada saatnya tgl 13 juni 2021 nanti saat konfercab baru akan dilakukan pengesahan. Karena dalam pelaksanaan  prakonfercab kemarin sifatnya adalah menyusun dan membahas draf yang sudah dirancang.


Sementara untuk pemilihan ketua PCNU kabupaten Gunungkidul masa hidmad 2021-2026 itu mengacu pada ADART. Dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) se Gunungkidul telah mengajukan aspirasi ada empat (4) orang kandidat yang maju pada pemilihan  saat konfercab yang akan datang. Keempat kader NU terbaik Gunungkidul diantaranya Arif Gunadi, Zudi Rahmanta, Sa'ban Nuroni dan Rozak. Sedangkan acara konfercab NU yang ke 11,akan digelar pada tgl 13 juni nanti mereka akan bersaing memperebutkan posisi sebagai ketua PCNU kabupaten Gunungkidul periode 2021-2026.

Semua calon yang pada saat prakonfercab juga hadir, telah menyampaikan dan memaparkan visi-misinya dihadapan pengurus cabang Nahdlatul Ulama serta utusan dari masing-masing Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) sekabupaten Gunungkidul. Sehingga apa yang disampaikan pada saat prakonfercab kemarin adalah rangkaian dari apa yang dikehendaki oleh pengurus dilevel MWC.Artinya kita mengapresiasi dan membuka ruang aspirasi yang diinginkan pengurus MWC yang ada, kata  kyai Arif Gunadi yang familiar ini.


Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat dan anggota DPRD Profinsi D.I.Y dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H.Sutiyo S.E yang ditemui dikediamanya mengatakan, sangat mengapresiasi atas berjalanya prakonfrensi cabang Nahdlatul Ulama kabupaten Gunungkidul yang sudah berjalan dengan aman dan lancar. Pada prinsipnya karena PKB adalah merupakan anak kandung NU, maka hanya samikna wa athokna, siapapun kandidat yang diusung dalam konfercab nanti dan siapapun yang bakal menduduki ketua PCNU Gunungkidul, kami hanya mendukung sepenuhnya. 

Mudah-mudahan yang menjadi ketua PCNU kedepan bisa membawa NU lebih baik dan berkembang seperti yang diharapkan.Hanya saja kalau boleh menyampaikan aspirasi, karena kami juga sebagai warga NU,untuk jabatan Syuriyah tetap dijabat K.H Bardan Usman. Meskipun kami paham banyak kyai atau ulama Gunungkidul yang juga sangat potensial untuk menjadi khatib syuriyah. 

Reporter : Wajiyo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"