Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Rabu, 02 Juni 2021

Dinas Peternakan Kembangkan Sapi Belgian Blue


Lamongan, SNN.com - Dinas Peternakan dan Keswan mengadakan  kegitan Pengembangan Sapi Belgian Blue di Desa Puter Kecamatan Kembangbahu  pada Rabu (2/6). Kegiataan ini dihadiri oleh Bupati Yuhronur, Wakil Bupati Abdul Rouf, Kepala UPT Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Iswahyudi dan Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Sukriyah.

Sapi Belgian memiliki karakteristik unggul yakni memiliki otot ganda (double muscle), tempramen jinak dan mudah dalam penanganannya.

Lamongan dinilai sebagai salah satu kabupaten yang menunjukan komitmennya dalam pengembangan peternakan. Untuk itu, Pemprov Jatim akan memberikan fasilitas inseminasi buatan gratis untik 51 ribu askeptor (sapi siap kawin).

“Mudah-mudahan dengan adanya kawin suntik gratis ini, 2026 Indonesia akan mandiri pangan sektor daging sapi,” tambahnya.

Dengan rencana inseminasi buatan tersebut, Bupati Yuhronur menyatakan kesiapan Pemkab Lamongan untuk memperbaiki dan mengembangan peternakan Lamongan. 

“Industri peternakan Lamongan siap menjadi tulang punggung peternakan di Jatim. Pemerintah Daerah akan terus mempermantab support untuk terus memperbaiki peternakan di Lamongan.” ujarnya.


Sementara itu, menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sukriyah, Lamongan menjadi salah satu pemasok daging provinsi dan nasional. Karena Jatim telah mencukupi kebutuhan daging nasional sebanyak 35 dari total 65 persen.

“Lamongan merupakan salah satu tulang punggung bantu pemasokan daging provinsi dan nasional. Harapannya dengan dikembangkannya Belgian Blue ini dapat meningkatkan populasi, sehingga produksi daging sapi juga dapat meningkat,” ucap Sukriyah.

Dalam kegiatan ini, Bupati YES juga meninjau stand UMKM produk olahan pangan, non pangan, alat, dan teknologi peternakan serta menyerahkan bantuan protein hewani serta memberikan santunan pada anak yatim.

Reporter : Zaenal A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"