Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 08 Juni 2021

Misteri Selasa Kliwon Yang Penuh Mistis dan Sakral di Desa Ketawang Kecamatan Gondang


Nganjuk, SNN.com - Sebagai tanda wujud syukur pemerintahan Desa Ketawang Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk diwujudkan dengan acara bersih desa atau sedekah bumi ketawang (08/06/21).

Bertempat dirumah kepala desa ketawang acara  dilaksanakan dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan, sebelumnya warga membawa tupengan ke kuburan dilanjut ke rumah kepala desa ketawang.

Kepala Desa Ketawang Iswantoro ketika ditemui awak media mengatakan Kalau disini sudah menjadi tradisi Selasa Kliwon, sesudah memanen  hasil bumi masyarakat melaksanakan  tradisi sedekah bumi atau bersih desa yang pada umumnya dikenal dengan nyadran.

" kenapa harus selasa kliwon ?, iswantoro menjelaskan kepada awak media, dulu cikal bakal yang babat desa ketawang eyang Singo Pati selalu melaksanakan syukuran setiap habis panen dan bertepatan dengan hari selasa kliwon hingga tradisi tersebut turun temurun sampai sekarang.


Sesepuh Desa Ketawang Sungkono, membenarkan apa yang dikatakan Kepala Desa Ketawang Iswantoro, kalau kita disini hanya meneruskan tradisi yang sudah ada dan sudah menjadi kewajiban kami untuk nguri nguri budoyo jowo ( melestarikan budaya jawa).

Menurut mitos masyarakat desa ketawang yakin dengan mengadakan sedekah bumi panen mereka akan lebih melimpah ruah karena merasa mendapat restu dari yang mengku desa dalam bahasa jaea dikenal denga Danyang.

Kepala Desa Ketawang pun berharap kepada warganya agar tetap melaksanakan tradisi leluhur walau dimasa pandemi dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehata.

Reporter : Widodo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"