Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 04 Oktober 2018

Batik Tulis dan Tenun Gedog Asli Milik Kabupaten Tuban

TUBAN, Sorotnuswantoronews - Batik Tuban terkenal memiliki karakter yang khas dengan ciri tersendiri yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya,  Sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas di tetapkannya Batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi ( Masterpieces of the Oral and intangible Heritage of Humanity ). 

Setiap tanggal 2 Oktober di Peringati sebagai Hari Batik Nasional.Di Tuban sendiri, peringatan Hari Batik Nasional  berlangsung di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban , yang merupakan estalase Batik Gedog di Kabupaten Tuban, Sebuah warisan budaya yang mampu memberikan warna dalam khazanah Batik Nasional.

Pemerintah Desa dan Badan Usaha Milik Desa Margo Makmur mempercayakan kepada Pemerintah Daerah dan Masyarakat atas di resmikannya Margorejo sebagai Kampung Batik di Kabupaten Tuban. Sehingga mampu bersaing dan mengangkat potensi Batik di Tuban yang bercirikan Batik Tulis dan Tenun Gedog yang secara tidak langsung dapat mewujudkan Margorejo sebagai Ikon Kampung Batik di Kabupaten Tuban.

Acara Wilujengan dan Tasyakuran di Sanggar Batik Margo Makmur tersebut di hadiri Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban Drs.Agus Wijaya.M.AP, Kepala Dispemas KB Kabupaten Tuban Drs.Mahmudi.M.Si, Kabag Kesra Pemkab Tuban H.Eko Julianto.S.STP.MM, perwakilan Perusahaan di Tuban, Kades Margorejo Junaedi, para Pengrajin Batik Tulis dan Tenun Gedog se -Kecamatan Kerek, serta Undangan lainnya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban Drs.Agus Wijaya.M.AP mengatakan, Sejumlah kegiatan bakal di gelar dalam memperingati Hari Batik Nasional di Tuban.

"kita adakan Secara sederhana , kita syukuran dengan potong tumpeng di Kampung Batik Desa Margorejo Kecamatan Kerek, yang telah di launching pada tanggal 3 Mei lalu oleh Ketua Umum Dekranas  Mahfidah Yusuf Kalla.” jelas mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban.


Selain potong tumpeng, di agendakan pada lusa, Kamis, 4 Oktober juga bakal di gelar car free day ( CFD ) pasar batik dan sejumlah kegiatan batik lainnya seperti Carnival Batik Gedok, pada (04/10/18).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Tuban Qodiriyah Fathul Huda. mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan Hari Batik Nasional di Tuban.

Mengingatkan kembali pada sejarah Batik di Indonesia, bahwa pada 2008 Pemerintah telah mendaftarkan batik ke dalam jajaran daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi UNESCO.

Setelah di terima secara resmi pada 9 Januari 2009, beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 2 Oktober 2009, UNESCO mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Negara dan Bangsa Indonesia.

Reporter : Agus
Editor     : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"