Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 25 Oktober 2018

Desa Sidomukti, Berhasil Kantongi Predikat Sebagai Desa ODF

BOJONEGORO, Sorotnuswantoronews - Desa Sidomukti Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro kedatangan Tim Verifikasi ODF (Open Defecation Free) Kabupaten Bojonegoro untuk melakukan survei dengan sasaran 198 warga, Kamis (25/10/18).

verifikasi ODF dihadiri oleh Tim Verifikasi ODF dari Kabupaten, puskesmas Kepohbaru dan bidan desa Rokhistiana, Camat Kepohbaru, babinkamtibmas, babinsa, BPD juga tokoh masyarakat dan semua ketua RT dan RW.

Dalam sambutan tim verifikasi kabupaten yang di wakili oleh Fatkur Rozi mengatakan sangatlah salut dengan Desa Sidomukti yang dipimpin oleh Pak Teguh Santoso, S.Sos.
"karena program yang telah direncanakan bertahun tahun dapat terwujud di tahun 2018, Jamban ODF itu penting, ”tambah Rozi

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Adapun Kriteria Desa ODF adalah :
1. Semua masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban.
2. Tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar.
3. Tidak ada bau tidak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia.


Kepala Desa Sidomukti Teguh Santoso dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan desa ODF bukanlah hal yang mudah namun sangatlah berat, karena Desa Sidomukti pernah di verikasi tapi gagal. maka tahun 2018 ini alhamdulillah kita bisa dan tolong bagi warga yang telah diverikasi gunakan jamban tersebut dengan baik rawatlah sebaik mungkin

"saya ucapkan banyak terimakasih atas perjuangan perangkat desa, BPD serta warga Desa sehingga dapat terwujud desa bebas ODF, "pungkasnya.

Reporter : Samiko
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"