Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 27 Oktober 2018

Pemerintah Kabupaten Tuban, Finalis Kompetisi KBK Di Provinsi Jawa Timur

Tuban,sorotnuswantoronews - Kabupaten Tuban terpilih menjadi finalis kompetisi Kelompok Budaya Kinerja ( KBK ) yang di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Atas capaian tersebut, Kabupaten Tuban yang diwakili KBK Sambung Rasa SMPN 3 Tuban didampingi Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tuban berhak mengikuti babak paparan akhir di hadapan Tim Juri Provinsi Jawa Timur, Kamis ( 25/10/2018 ) di ruang rapat Hayam Wuruk Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

KBK Sambung Rasa berhasil menyisihkan 140 kontestan dari berbagai instansi di Jawa Timur. Pada babak final ini, kontingen dari Bumi Wali akan bersaing dengan 9 kontestan lain sebelum menjadi jawara.

Kepala Bagian Pengembangan Kinerja dan Kepegawaian, Biro Organiasi Pemprov Jatim, Dwi Suyantono, SH, MM., menjelaskan kompetisi KBK menitik beratkan penilaian pada kemampuan dalam menemukan masalah di unit kerja untuk selanjutnya di analisa dalam bentuk risalah. Selanjutnya, dapat ditentukan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.

“ Perubahan tersebut juga harus berdampak positif baik bagi anggota maupun di luar
anggota KBK,” tandasnya.

Dwi menerangkan tim juri yang di libatkan berasal dari elemen BUMN yang telah menerapkan konsep - konsep dalam KBK. Dengan demikian, di dapatkan penilaian real langsung dari praktisi.
Setelah di lakukannya presentasi dari 10 finalis, tim juri akan kembali berdiskusi menentukan pemenang.Di jadwalkan,  pemenang akan di sampaikan pada bulan November mendatang.

“ Pengumuman akan di sampaikan melalui surat. Rencananya, penghargaan dan trofi akan di serahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setda Tuban, Drs. M. Mahmud, M.Si., menyampaikan capaian ini menjadi kesempatan yang sangat berharga bagi Kabupaten Tuban sebagai momentum untuk mengubah mindset dan karakter, utamanya aparatur. Selain itu, sebagai upaya mendorong terwujudnya budaya kinerja yang positif di berbagai sektor.

Sebelumnya, Pemkab Tuban bekerja sama akademisi dan tim indenpen telah melakukan penyaringan terhadap 60 KBK di kabupaten Tuban yang terdiri dari OPD, Puskesmas, dan institusi pendidikan.

Dari proses seleksi tingkat Kabupaten terpilih 4 KBK, yaitu SMPN 3 Tuban, SMPN 4 Tuban, RSUD dr.R. Koesma, dan Puskesmas Montong.“ Keempat KBK kami kirim ke provinsi, dan SMPN 3 Tuban di nilai layak untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya,” jelasnya.

Setelah melakukan visitasi di SMPN 3 Tuban pada Jumat ( 12/10/2018 ) lalu, tim juri sepakat bahwa SMPN 3 Tuban di nilai layak untuk masuk babak final untuk menyampaikan paparan akhir.

Kepala SMPN 3 Tuban, Mat Sa’roni merasa bersyukur karena dapat lolos hingga babak final 10 besar. Mengusung program Kartu Ajaib, pihaknya berupaya mendidik dan mengembangkan karakter siswa untuk berperilaku hidup sehat dengan cara selektif memilih makanan.

Dari kajian atas penerapan program tersebut, di peroleh hasil bahwa program Kartu Ajaib juga melatih siswa bersikap di siplin, bertanggung jawab, peduli sesama.

Mat Sa’roni menambahkan pihaknya juga telah melakukan upaya -upaya perbaikan setelah di lakukan visitasi oleh tim juri. Diantaranya menggali kembali potensi yang dapat di kembangkan sebagai upaya lanjutan dari program Kartu Ajaib.

“ Kedepannya, kami akan terus menerapkan dan mengembangkan Kartu Ajaib karena memberi manfaat yang sangat besar,” paparnya.

Reporter : Agus
Editor     : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"