Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 16 Oktober 2018

GP Ansor Memprakarsai Kirab Satu Negeri Di Kabupaten Tuban

Tuban,sorotnuswantoronews - Rombongan Kirab Satu Negeri ( KSN ) yang diprakarsai oleh Gerakan Pemuda ( GP ) Ansor tiba di Kabupaten Tuban, Bupati Tuban, H.Fathul Huda menyambut secara langsung rombongan kirab ini di depan Rumah Dinasnya, Komplek Pendopo Kridho Manunggal, Senin, (15/10/18).

Rombongan kirab yang mengusung tema Bela Agama, Bangsa dan Negeri tersebut membawa Bendera merah putih yang di bawa berkeliling di beberapa Kabupaten / Kota di Jawa Timur, yang pada kesempatan ini secara simbolis di serahkan oleh Ketua PW. GP. Ansor Jatim kepada Bupati Tuban dan di serahkan lagi kepada Ketua PC. GP. Ansor Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban, mengatakan bahwa kirab satu Negeri memiliki misi yang sangat bagus, terutama dalam rangka menjaga kebhinekaan atau keberagaman bangsa Indonesia yang saat ini mulai tergerus, saya berharap agar apa yang menjadi tujuan dan di cita - citakan untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara bisa terwujud.“ Kita ini sama, kita ini Indonesia, NKRI harga mati,” terang Fathul Huda.


Ketua PW. GP. Ansor Jawa Timur, H.M. Sholahul’am Notobuwono menjelaskan bahwa di laksanakannya kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun kembali restorasi persatuan pemuda.

“ Kami ingin mengajak para pemuda dari sabang sampai merauke, dari miangas sampai pulau rote, untuk kembali mengingat sumpah pemuda, di tengah kondisi saat ini, Gerakan Pemuda Ansor sangat prihatin dengan maraknya kelompok radikal, banyak penyesatan dan juga Hoax. Oleh sebab itu nanti pada acara puncaknya akan ada Apel besar di Jogjakarta ( 26/10/2018 ) yang di ikuti 10.000 Banser dan juga di hadiri oleh Global Unity Forum yang terdiri dari pemuda yang berasal dari 48 Negara,“ kita ingin menampilkan kepada dunia bahwa Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa dan bahasa bisa bersatu.” terang Sholahul’am.

Ketua PC. GP Ansor Tuban Syafiq Syaugi mengatakan ” Kita ingin mengingatkan kembali kepada pemuda, bahwa bangsa kita pernah berjaya di maritimnya, selain mengarak rombongan kirab, di laksanakan pula dialog kebangsaan yang membahas permasalahan yang sedang hangat  di bicarakan saat ini di Pendopo Krido Manunggal Tuban.” ucap Syafiq Syaugi.

Sementara itu berbeda dengan daerah lainnya, Kirab Satu Negeri di Tuban di laksanakan juga dengan mengarungi lautan yang dimulai dari Pantai Boom dan berakhir di Pantai Desa Socorejo Kecamatan Jenu, di gunakannya sarana perahu adalah untuk mengingatkan kembali kepada Pemuda terutama di Kabupaten Tuban akan kejayaan nusantara di bidang maritimnya.

Reporter : Agus
Editor     : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"