Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 11 Oktober 2018

DPRD Gresik Kunker Ke Pemkab Tuban Bahas Migas

Tuban,sorotnuswantoronews - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Ir. Sunarto, MM., dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tuban, Ir. Cucuk DS., menerima kunjungan kerja 15 anggota DPRD Kabupaten Gresik di ruang Rapat Setda Kabupaten Tuban, Rabu (10/10/18).

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Gresik, Solihudin, SHI., MM., yang memimpin rombongan menyampaikan, kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas mengenai pengelolaan Minyak dan Gas Bumi ( migas ) di Kabupaten Tuban. Hal itu didasarkan karena Kabupaten Tuban dianggap mampu dalam mengelola potensi migas yang ada.

Gresik memiliki potensi untuk di kembangkan menjadi Kabupaten pengelola migas hilir.Karenanya, perlu di lakukan kajian lebih lanjut mengenai hal tersebut Kami berniat membahas Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Gresik tentang pelibatan BUMD dalam pengelolaan migas, terang Solihudin.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Ir. Sunarto, MM. menyampaikan bahwa Kabupaten Tuban termasuk dalam wilayah blok minyak.PD Migas Kabupaten Tuban bersama mitranya mengelola 4 blok minyak yaitu Cepu, Baweyan, Lamongan dan Tuban.

Pada Blok Tuban, PD Migas Kabupaten Tuban bekerja sama dengan Pertamina Hulu Energi mengelola 23 Lapangan Sumber mempunyai potensi cadangan gas sebesar 150 Billion standard cubic feet ( scf ) atau produksi rata - rata tiap hari 22 juta m3.

Blok Cepu yang berlokasi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, dengan 25 sumber migas dikelola bersama Pertamina EP. Di lokasi ini menghasilkan minyak sebanyak 19,3 juta barel dan 14,5 juta m3 gas bumi.

Saat ini juga tengah di kembangan sumur baru di Tapen 1 dan 2, jelas Sunarto. Tidak hanya itu, di Kecamatan Bulu tepatnya di 12 mil di lepas pantai juga terdapat sumber migas.Namun, kewenangan berada di pusat.

Selain itu, di Kabupaten Tuban juga terdapat sumur tua di 8 titik yang tersebar di Kecamatan Singgahan, Bangilan, Senori, Parengan, Jatirogo, Montong, dan Kenduruan.

“ Sumur tua tersebut berpotensi menghasilkan 637 ribu liter atau setara 4.010 barel. Keseluruhan PD Aneka Tambang yang merupakan BUMD Kabupaten Tuban,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tuban, Ir. Cucuk DS., menambahkan, secara umum Kabupaten Tuban sebagai pengelola mendapatkan bagi hasil atas pengembangan migas.Besaran hasil yang diterima berdasarkan kesepakatan dan perubahan harga migas yang fluktuatif.

Cucuk juga menjelaskan di perlukan waktu yang cukup lama untuk mengurus perijinan mulai dari tingkat bawah hingga pusat.Pada awalnya, PD Aneka Tambang hanya bertugas untuk jasa angkat angkut ke Pertamina EP. Tidak bisa mengelola secara langsung.

Saat ini, Pemkab Tuban juga tengah melakukan reaktifasi pada sumur-sumur tua yang potensial.Di samping itu, PD Migas mendapat alokasi LPG dari PT Gasuma Federal Indonesia sebesar 4 s.d. 120 Ton perbulan. Tidak hanya itu, PT Bahtera Abadi Gas ( BAG ) ditunjuk sebagai agen penjualan CNG melalui Surat Plt. PD Migas Kabupaten Tuban.

Pada Bulan Januari 2018 Pemerintah Kabupaten Tuban telah menyatakan kepeminatan Pemanfaatan dan Pengelolaan Gas Lapangan Sumber Tuban dengan melalui surat Bupati Tuban, paparnya.

Reporter : Agus
Editor     : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"