Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 08 November 2018

Desa Trepan Gelar Sosialisasi Kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) 2018

Lamongan, Sorotnuswantoronews - Pemerintah Desa Trepan bersama-sama dengan BPD Trepan menyepakati pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) Tahun Anggaran 2018 dalam Musyawarah Desa yang diselenggarakan pada hari Rabu malam, (07/11/18) di Balai Desa Trepan Kecamatan Babat.

Hadir dalam musyawarah desa ini adalah dari unsur-unsur Pemerintah Desa Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pendamping Lokal Desa (PLD), seluruh ketua RT Rw se desa Trepan dan perwakilan dari tokoh masyarakat serta pemuda.

Menurut Kades Trepan Djowoto, Kegiatan Padat Karya Tunai di Desa Trepan akan dilaksanakan pada pekerjaan Normalisasi kali sepanjang 1200 m. Pada APB Desa Trepan Tahun Anggaran 2018 telah dianggarkan pada pos belanja untuk kegiatan Normalisasi kali dengan pendanaan upah pekerja hampir seluruhnya berasal dari Dana Desa dan belanja material dianggarkan dari sumber dana lainnya. Sehingga dalam pelaksanaan PKT pengganggaran tersebut telah memenuhi aturan minimal 30% dari Dana Desa di Bidang Pembangunan Desa dianggarkan untuk upah pekerja.

"Dalam pelaksanaan pekerjaan PKT ini akan diikutsertakan masyarakat dari anggota rumah tangga miskin (A-RTM) yang akan menandatangani berita acara dan pernyataan bersedia untuk ikut serta dalam program PKT. Selain itu disertakan juga masyarakat lainnya yang tergolong mengganggur dan setengah menganggur serta masyarakat pekerja lainnya yang memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan normalisasi kali tersebut, "tambahnya.


Achmad Wafa Isvianto Selaku Pendamping Lokal Desa menambahkan, Program Padat Karya Tunai (PKT) diyakini dapat mendorong kemandirian masyarakat di desa. Program PKT akan menjadi jalur untuk berbagai program, baik itu Dana Desa dan dari kementerian/lembaga lainnya.

"program PKT merupakan  program yang mengutamakan sumber daya lokal, tenaga kerja lokal dan teknologi lokal desa. Beberapa manfaat, kata dia, akan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat jika program ini berjalan dengan baik, antara lain perluasan kesempatan kerja, pendapatan tambahan masyarakat dan perluasan mutu, "pungkasnya.

Reporter : Zainal Ansori
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"