Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 16 November 2018

Pemerintah Kabupaten Tuban Raih Natamukti, Dorong UMKM

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Atas keberhasilan mendorong keberlangsungan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ), Pemerintah Kabupaten Tuban kembali mendapatkan Penghargaan Piala Natamukti dari International Council for Small Business ( ICSB ) Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ( KUKM ).

Penghargaan ini di berikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda di Graha Widya Bhakti, Gedung 123 Kawasan
Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis ( 15/11/18 ).

Pada penganugerahan penghargaan yang di rangkaikan dengan acara Gebyar UKM Indonesia 2018 ini, Menteri KUKM merasa sangat senang atas capaian yang di peroleh oleh Kabupaten /Kota peraih penghargaan, yang menandakan adanya perhatian khusus Pemerintah Daerah terhadap keberlangsungan UMKM di Daerahnya.

“ Penghargaan ini sebagai bukti adanya keberhasilan Pemerintah Daerah dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di Daerahnya.” kata Menteri KUKM.

Menteri asal Pulau Dewata Bali ini menambahkan bahwa Sebagai penggerak roda perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi perhatian Pemerintah dan lembaga internasional saat ini. Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa di capai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi dan peneliti.

“ Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal,” tambahnya.

Sementara itu President of ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya menjelaskan bahwa penghargaan Natamukti merupakan bentuk apresiasi dari ICSME sebagai host organization ICSB Indonesia dengan Kementerian KUKM. Penentuan penerima penghargaan melewati proses yang panjang, ICSB mendorong nominator mengisi formulir yang mengacu pada Model Natamukti, yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan, dan teratur. Formulir yang di kirimkan oleh Kabupaten/Kota di review oleh tim yang telah di bentuk dan di tunjang dengan data dari berbagai pihak serta di lakukan observasi yang dilakukan oleh sejumlah penggiat ICSB Indonesia, untuk kemudian di usulkan menjadi Penerima Penghargaan dan melalui rapat bersama Kementrian KUKM menentukan peraih penghargaan.

Pada kesempatan yang sama, setelah menerima penghargaan, Bupati Tuban mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasihnya, Bupati berharap penghargaan ini dapat di jadikan motivasi bagi pengembangan UMKM di Kabupaten Tuban untuk dapat berkembang lebih baik lagi.

“ Penghargaan ini juga jangan menjadikan cepat berpuas diri, dengan dukungan penuh Pemkab Tuban, UMKM di harapkan dapat lebih tumbuh dan berkembang serta memiliki daya saing yang kuat,” papar Bupati Tuban.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan ( Diskoperindag ) Kabupaten Tuban, Drs. Agus Wijaya, M.AP menjelaskan bahwa UKM di Kabupaten Tuban tersebar di 20 Kecamatan yang terdiri dari UMKM makanan dan minuman, UMKM sandang, UMKM keahlian, dan UMKM kerajinan.

“ Selama tahun 2017 berdasarkan data ‘ Tuban dalam Angka’, Jumlah UMKM di Tuban mencapai 282.932 unit dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 345.674 orang.” Jelas mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban ini.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"