Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 21 November 2018

Terus Tingkatkan SDM Di Aru, Bupati Jalin Kerja Sama Dengan IKOPIN

Bupati Aru dr. Johan Gonga
Kepulauan Aru, sorotnuswantoronews.com - Pemda Aru dalam Pemerintahan dr. Johan Gonga, terus berupaya mengatasi masalah rendahnya Sumber Daya Manusia di Bumi Jar Garia.

Upaya dilakukan dengan menjalin hubungan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, seperti Fakultas Kedokteran, Universitas Padjajaran, pendidikan tinggi di Akamigas serta Universitas Airlangga.

Dan sekarang Gonga telah menandatangani MoU untuk tahun 2019 putra-putri Aru yang lolos seleksi akan mendalami Ilmu perkoperasian pada Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Johan Gonga, yang ditemui kemarin diruang kerjanya menjelaskan bahwa untuk meningkatkan SDM di Aru pihaknya terus menjalin hubungan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk IKOPIN Jatinangor, Sumedang Jawa Barat.

Karena kekayaan Aru begitu melimpah, tetapi tidak bisa dikelola dengan baik akibat SDM yang masih rendah.

Gonga berharap, dengan peningkatatan SDM di Aru, dapat mengembangan pengelolaan Sumber Daya Alam yang melimpah demi kesejahteraan rakyat.

“Dengan upaya ini, tentu yang diharapkan adalah meningkatnya SDM, yang mampu mengembangkan pengelolaan Sumber Daya Alam yang melimpah demi kesejahteraan rakyat.” Ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi & UKM, Manuel Siarukin, S.Pi

Kepala Dinas Koperasi & UKM, Manuel Siarukin, S.Pi selaku Dinas Teknis saat dihubungi melalui telpon selulernya membenarkan bahwa Pemda Aru sudah menjalin kerja sama dengan penandatangan MoU oleh Bupati Aru, dr. Johan Gonga dengan pihak Kampus IKOPIN Jatinangor.

Siarukin dalam keterangannya menjelaskan bahwa mekanisme untuk mengikuti pendidikan di IKOPIN adalah melalui seleksi disekolah-sekolah. Bagi yang lolos seleksi akan dibiayai oleh pemerintah Daerah untuk kuliah di IKOPIN. Dengan tujuan tidak diarahkan untuk tes CPNS, tetapi diarahkan untuk setelah tamat, harus berwira usaha didunia perkoperasian.

“Bagi anak yang lolos seleksi dan kuliah di INKOPIN, tidak diarahkan untuk tes CPNS tetapi diarahkan untuk setelah tamat harus berwira usaha didunia perkoperasian. ”Terangnya.

Reporter : Moses K
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"