Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 13 November 2018

Kirab Budaya Kabupaten Tuban di HJT ke 725 tahun 2018

Tuban,sorotnuswantoronews.com - Pemerintah  Daerah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga ( Disparbudpora ) bersama organisasi kepemudaan dan sen budaya menyelenggarakan Kirab Budaya dengan tema ‘ Pemuda Tuban Bersatu ’, Minggu ( 11/11/2018 ).

Berlokasi di Pendopo Kridho Wicaksono, Desa Prunggahan Kulon, Wakil Bupati Tuban, Ir.H.Noor Nahar Hussein, M.Si., memberangkatkan kurang lebih 1250 peserta kirab budaya. Turut hadir pada pemberangkatan Kepala Disparbudpora, Forkopimka Semanding, dan Perangkat Desa Prunggahan Kulon.

Kepada Wartawan, Wabup Tuban menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan acara ini. Kirab Budaya ini menjadi rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ke -725. Kirab akbar dari Prunggahan Kulon yang dulunya adalah pusat Kabupaten Tuban merupakan agenda yang hanya di lakukan 5 tahun sekali, kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan budaya adu luhung di Kabupaten Tuban. Dikemas secara kekinian, kirab budaya tetap mempertahankan nilai - nilai luhur yang terkandung pada setiap persembahan. Sehingga bisa menarik minat generasi milenial.

“ Nilai - nilai luhur tersebut akan terus di kembangkan sehingga menjadi ciri khas dan warga Tuban sebagai Tlatah Ronggolawe Bumi Wali,” harapnya.


Pemkab Tuban juga terus berupaya mengembangkan seni budayanya. Tidak hanya itu, Pemkab Tuban mendorong keterlibatan perusahaan di Kabupaten Tuban dalam memberikan wahana bagi warga Kabupaten Tuban, termasuk pemuda untuk berkreasi seni budaya, pemuda Tuban harus benar -benar mengenali identitasnya sebagai warga Tuban. Yaitu, dengan cara uri - uri budaya Kabupaten Tuban. Di samping itu, pemuda Tuban harus di bekali budaya yang luhur sehingga akan membentuk kepribadian dan karakternya.

“ Saya berharap kirab budaya ini dapat terus di langsungkan di tahun - tahun mendatang, dengan melibatkan lebih banyak peserta, organisasi, maupun komunitas lain. Kirab Budaya kali ini menjadi tolok ukur untuk kegiatan masa mendatang harus terus di tingkatkan. Pemkab Tuban siap senantiasa mendukung pengembangan budaya Kabupaten Tuban,” terang Noor Nahar di sambut riuh tepuk tangan.

Koordinator Kirab Budaya, Satria Anggameira Pradipta mengungkapkan bahwa kegiatan ini di ikuti 1250 peserta dari 40 komunitas dan organisasi dengan berbagai bidang. Diantaranya komunitas seni budaya, komunitas minat dan bakat, dan organisasi kepemudaan lain.

Ketika tiba di Aloon - aloon Tuban, kirab budaya akan di terima oleh Bupati bersama Forkopimda dan pimpinan OPD, di harapkan dengan di adakannya kirab budaya ini dapat menarik perhatian masyarakat untuk ikut melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Tuban.

Para peserta akan melakukan longmarch di mulai dari Prunggahan Kulon dan finish di Aloon - aloon Tuban.

“ Kurang lebih akan menempuh jarak 5 kilometer dan melewati jalan raya,”  jelas Satria panggilan akrabnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"