Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 28 November 2018

Dinsos Aru Gelar Rapat Kordinasi PKH

Kepulauan Aru, Sorotnuswantoronews.com - Dinas Sosial Kabupaten Kepulanan Aru dibawah pimpinan Lukman Mohamad Nomay kembali menggelar rapat koordinasi lintas sektor Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2018.

Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektor PKH kali ini difokuskan di lantai satu Aula Gereja Hock Im Tong Dobo, Jl. Umar Anakoda, Kel. Galaydubu, Kec. Pulau-pulau Aru, Selasa (27/11).

Selaku narasumber, Kepala Seksi Analisis dan Pemetaan Potensi Sumber Daya Direktorat Jaminan Sosial Keluarga Kemensos Arif Rohman.

Hadir dalam acara Pembukaan rakor PKH,  Wakil Bupati Kepulauan Aru  Muin Sogalrey, Para Staf Ahli Bupati, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Saharto Silaban, M.Tr (Hanla), Kabag Ren AKP, Leunupun, Kasintel  Hendra Wahyudi,  Para Pimpinan OPD, Kepala BRI KCP Dobo I Nengah Budi Harsene, Para Camat se-Kabupaten Kepulauan Aru, Para Pendamping Program Keluarga Harapan dari Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Aru.

Bupati Kepulauan Aru dalan sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Muin Sogalrey menegaskan, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat bagi keluarga miskin yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan merupakan program prioritas Nasional dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan di bidang perlindungan sosial dan merupakan Klaster pertama dari empat klaster strategi Nasional penanggulangan kemiskinan.

Kedudukan PKH sangatlah penting dalam penanganan masalah kemiskinan khususnya bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program Serupa telah dilaksanakan dan cukup berhasil di beberapa Negara di amerika latin yang secara familiar di kenal dengan nama Conditional Cash Transfers (CCT) atau bantuan tunai bersyarat.


PKH merupakan program lintas kementrian dan lembaga, karena aktor utamanya adalah dari Badan perencanaan pembanguan Nasional (BAPENAS), kementrian sosial, kementrian pendidikan nasional, kementrian Agama, kementrian komunikasi dan informatika, dan badan pusat statistik. Tujuan utama dari PKH adalah untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kwalitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.

Tujuan tersebut sekaligus sebagai upaya mempercepat pencapaian target Millennium Development Goals (MDGs), dan Secara khusus, tujuan PKH yaitu:

1. Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.
2. Mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan.
3. Menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian KPM dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial.
4. Mengurangi kemiskinan dan kesenjangan kelompok pendapatan.

Sebagai wujud inmplementasi PKH, maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas bagi pemberi pelayanan baik kesehatan maupun pendidikan, serta pendamping dan operator PKH, sehingga di hari ini melalui Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Aru melakukan Rakor PKH.

Kegiatan ini di maksudkan untuk meningkatkan kapasitas kerja para petugas pemberi layanan pendidikan maupun kesehatan dalam memverifikasi komitmen peserta PKH serta meningkatkan Kapasitas pendamping / operator PKH untuk melaksanakan Verifikasi data KPM, selain itu juga untuk melihat sejauh mana perkembangan pelaksanaan PKH di Kabupaten kepulauan Aru serta mencari solusi terbaik dalam mengatasi berbagai kelemahan-kelemahan dalam pelaksanaan program ini.

Oleh karena itu harapan saya kepada semua pemangku kepentingan kiranya lewat momen ini dapat membangun kesamaan persepsi agar penanggulangan kemiskinan di bidang kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial tidak dilakukan secar parsial akan tetapi dapat dintegrasikan melalui aksi nyata yang terencana, terarah, sistematis, terukur dan berkelanjutan.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"