Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 08 November 2018

HUT Ke - 1, Lembaga Investigasi Negara Jawa Timur Potong Tumpeng

Lamongan, Sorotnuswantoronews - Lembaga Investigasi Negara gelar Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama di Pendopo Kelurahan Babat Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Rabu (07/11/18).

Acara yang di adakan DPD Lembaga investigasi Negara (LIN) Jawa Timur berjalan sukses dan  di hadiri oleh beberapa perwakilan DPD Lembaga investigasi Negara. Hadir pada kesempatan itu seluruh pengurus DPD LIN Jawa Timur, DPC LIN Lamongan, DCP LIN Bojonegoro Perwakilan DPD LIN Jawa Tengah, Perwakilan DPD LIN Yogyakarta, Ormas MPC Pemuda Pancasila Lamongan, perwakilan dari Kecamatan Babat, Kelurahan Babat, sejumlah kepala desa dan sejumlah awak media.

Perwakilan dari Muspika Babat dalam sambutannya mengatakan, dirinya atas nama pribadi dan jajaran kecamatan Babat mengucapkan selamat Ulang Tahun Ke-1 untuk Lembaga Investigasi Negara.

"semoga dengan bertambahnya usia mampu menunjukan peran dan eksistensinya melalui berbagai karya yang bermanfaat dan maslahat bagi masyarakat dalam rangka turut membangun dan memajukan Kabupaten Lamongan khususnya Kecamatan Babat, "Imbuhnya.


Lurah Babat Siti Aminah mengatakan, semoga kehadiran Lembaga Investigasi Negara di tengah masyarakat bisa saling bersinergi dan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.

"masalah Kartu indonesia Sehat yang belum merata menjadi polemik di tengah masyarakat, padahal data yang di ambil adalah data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kelurahan atau desa hanya mendistribusikan saja, "ujarnya

Ketua Lembaga Investigasi Negara Jawa timur Achmad Wafa Isvianto dalam sambutannya mengatakan, Lembaga Investigasi Negara (LIN) yang berdiri pada tanggal 01 Januari 2017, diakte notariskan tanggal 31 Oktober  2017 dan di syahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia pada tanggal 02 Nopember 2017, No.AHU :0015802.AH.01.07. Tahun 2017 mempunyai program-program pokok yang dilakukan oleh komando dan Divisi-divisi sebagtai wujud partisipasi pelaksanaan misi demi pencapaian visi organisasi.

"Dalam menjalankan pokok-pokok LIN anggota melakukan investigasi dan pemantauan secara aktif terhadap kinerja penyelenggara Negara, baik lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif, melakukan advokasi atas terjadinya tindak pidana Korupsi, kolusi, Nepotisme dan tindak pidana khusus lainya serta melaporkan kepada instuisi penegak hukum dan mengawal tindak lanjutnya sesuai dengan mekanisme kerja, "tambahnya.


wafa juga Mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan pengawasan, investigasi sebagai informan sipil demi pencapaian visi dan misi organisasi secara optimal.

"Memberikan edukasi kepada masyarakat dan aparatur Negara untuk membangun kembali karakter bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Membentuk sumberdaya manusia yang professional di bidang investigasi dan pemantau dengan menempatkan anggota diseluruh wilayah kerja pemerintah, baik lembaga eksekutif, legislative dan yudikatif, "ujarnya.

Wafa menambahkan, dalam waktu dekat Lembaga Investigasi Negara juga akan membikin website pengaduan, agar masyarakat bisa bikin pengaduan secara online yang di sertai bukti bukti yang akurat.

"kita akan ciptakan Kader-kader yang bermoral, pintar, solid dan berani dalam menegakkan serta mengamankan Pancasila, UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia, "pungkasnya.


Acara kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua DPD Lembaga Jawa Timur dan makan bersama serta hiburan orgen tunggal.

Reporter : Zainal Ansori
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"