Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Minggu, 16 Mei 2021

Antisipasi Arus Balik Polresta Probolinggo Siapkan Dua Titik Penyekatan


Probolinggo, SNN.com - Larangan untuk mudik lebaran 2021 masih terus direspon positif. Contohnya Polres Probolinggo Kota tidak hanya melakukan antisipasi pelaksanaan mudik lebaran Idul Fitri 2021, namun antisipasi arus balikpun juga sudah disiapkan. 

“Kita sudah belajar dari tahun kemarin (2020, red), kemarin sudah ada penyekatan di keluar masuk kota diseluruh wilayah Jatim. Namun yang akan sangat diperhatikan penyekatan keluar masuk provinsi, Jatim ke Jateng, Jateng ke Jatim, maupun dari Bali. Kita sudah siapkan beberapa titik penyekatan untuk antar wilayah perbatasan kabupaten atau kota,” ujar Kapolres Probolinggo Kota, AKBP.l Raden Muhammad Jauhari melalui Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah, Sabtu (16/05/21).

Diterangkan, skrining akan dilakukan terhadap seluruh kendaraan pribadi yang melintasi posko pengecekan. Sedangkan untuk kendaraan pembawa bahan-bahan pokok akan diperiksa secara acak.

Bagi pengendara yang melintasi posko pengecekan akan diminta menyerahkan berkas persyaratan perjalanan. Petugas akan melakukan swab antigen jika tidak seperti yang diberlakukan saat penyekatan mudik lebaran 2021 awal lalu.

“Cara bertindak kami, sebelum disuruh putar balik nanti akan kita tes swab antigen dulu apakah mereka terindikasi atau tertular Covid-19. Nanti apabila hal itu terjadi, maka akan ada isolasi. Kalau enggak, ya akan kami kembalikan,” tambahnya.

Masing-masing kabupaten atau kota nanti juga  melakukan penyekatan terdiri dari tiga pilar. Yakni Polres dan Polresta, Kodim dan Pemda yang akan membagi titik-titik mana saja yang akan dilakukan penyekatan. Sedangkan Polda Jatim dan Pemprov Jatim melakukan monitoring pelaksanaan hingga melakukan sidak langsung ke semua daerah.

Meski begitu, dirinya memastikan akan diberlakukan Operasi Keselamatan yang juga untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai aturan larangan arus balik lebaran 2021.

Reporter : Maya
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"