Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 02 Juni 2021

Kodim 0820/Probolinggo Berangkatkan Calon Anggota Komcad


Probolinggo, SNN.com - Tahun ini ada yang berbeda di perencanaan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan - RI ), yaitu dengan dibukanya pendaftaran calon anggota komponen cadangan (komcad) terhitung sejak tanggal  2 hingga 7 Juni 2021.

Informasi dari Pasi Pers yang membidangi tentang perekrutan personil komponen cadangan (Komcad) diwilayah teritorial 
Kodim 0820/Probolinggo "Pendaftaran fisik anggota komponen cadangan ini dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 7 Juni 2021,"  Rabu, (2/6/2021) 

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi bagi mereka yang berminat bergabung ke di Komcad harus dapat dilalui, ujar salah seorang calon " Muhammad Rizky Fajar " salah satu  peserta asal Desa Selogudig Wetan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Lulusan SMK 2 Kraksaan pada Tahun 2017.


ia juga memiliki pengalaman kerja pada tahun 2018 - 2019 sebagai Karyawan Koprasi Simpan Pinjam diwilayah Bali, dan juga pada Tahun 2019 - 2020 Sebagai karyawan Proyek PT PLTU Batang - Jawa tengah, pada Tahun 2020 - hingga 2021. sebagai karyawan PT PLTU Ciribon 2 Jawa Barat, saat ini ia bertekad untuk mengikuti kompetensi Program Komcad. Kemenhan RI. Sebagai utusan koramil 0820/15 Pajarakan. 
 
Saya  siap menjalankan iman dan tagwa (  Imtag ) beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan bersedia 
di tempatkan di mana saja"  kata Rizky
Persaratan lain adalah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh pihak kepolisiaan 

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, calon anggota kemudian mengikuti rangkaian seleksi, seperti administrasi dan seleksi kompetensi
Bagi mereka yang dinyatakan lulus, nantinya akan menjalani pelatihan dasar.
Selama menjalani latihan dasar tersebut, setiap calon anggota komcad akan memperoleh uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Dalam perekrutan ini, pemerintah menunjuk empat markas komando daerah militer (kodam) sebagai lokasi pendaftaran, yakni Kodam Jaya/Jayakarta (Jakarta), Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, dan Kodam V/Brawijaya.


Pemerintah juga menyediakan metode pendaftaran melalui aplikasi KomcadApp 
dan lewat whatsapp dengan nomor - 08990170845 dan  082154400354 - Pasi Pers Kodim 0820/Probolinggo, Kapten Inf Yahudin, khusus diwilayah teritorial Kodim 0820/Probolinggo. Masyarakat juga bisa mengunduh dokumen daftar riwayat hidup dan surat lamaran di komcad. kemenhan.go.id.

Dalam perekrutan tahap pertama ini, Pemerintah baru membuka komcad untuk Matra Darat dengan kuota sekitar 2.500 peserta seluruh Indonesia.

Reporter: Hari
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"