Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Minggu, 13 Juni 2021

Nguri Nguri Budaya Jawa LMDH Wana Lestari Ketandan dan Jati Semi Banggle Mengadakan Sedekah Mumi Hutan Sebagai Tanda Syukur


Nganjuk, SNN.com - Tradisi unik yang dilakukan para pesanggem LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) Wana Lestari Desa Ketandan dan Jati Semi Desa Banggle  dalam mewujudkan rasa syukur atas panen yang telah usai, para pesanggem dengan dibimbing Asper BKPH Ngujung Timur Bambang Sugondo didampingi mantri Kanif dan mantri marsono (13/06/21).

Asper BKPH ( bagian kesatuan pemangkuan hutan) Ngujung Timur Bambang Sugondo berpesan kepada para pesanggem agar diusahakan untuk ikut menjaga tanaman tegakan yang masih ada dan tanaman minyak kayu putih agar semua berimbang, perhutani juga bisa melakukan tugasnya dan para pesanggem juga bisa melakukan produktivitas tanaman pokok.

Untuk saat ini tanaman kayu putih untuk memenuhi lingkungan sedang tanah yang kosong bisa ditanami tanaman pokok ataupun polowijo lainnya.


Hadir dalam acara tersebut Asper BKPH Ngujung Timur Bambang Sugondo didampingi mantri Kanif dan mantri Marsono, Kepala Desa Banggle Tarminto, Ketua LMDH Wana Lestari Riman, dan kerua LMDH Jati Semi Parman serta para pesanggem.

Acara doa dan syukur dipimpin langsung Asper BKPHNgujung Timur Bambang Sugondo dilanjut tetua desa Katam membacakan doa bahasa jawa dilanjut acara ramah tamah karena semua pesanggem membawa makanan dari rumah berupa tumpengan sebagai wujud syukur para pesanggem.

Reporter : Widodo
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"