Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 23 Agustus 2020

Karawitan Mulyolaras Dusun Loputih, Kalurahan Jatimulyo Tetap Semangat Berlatih

Bantul, SNN, com - Karawitan Mulyo Laras Dusun Loputih, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo,  Bantul  ya di pimpin oleh ki dalang Suyadi dari Dusun Loputih Jatimulyo Dlingo Bantul walupun di tengah tengah pandemi Covid selalu aktif dalam latihan seminggu satu kali.

Nyi Suwarni salah satu Waranggono saat di temui di sela sela berjalanya karawitan  menyampaikan, bahwa karawitan mulyo laras yang ada di dusun loputih ini harus selalu maju dan menguri uri kabudayan jawi tinggalan para leluhur jama nenek moyang yang harus di uri uri sebagai adat seni jawa, Sabtu (22/08/2020).

Sebagai generasi penerus seni kabudayan karawitan jangan sampai kabudayan leluhur ini sampai punah atau hilang karna adanya jaman modern atau adanya seni seni yang lain,

Suyadi mengharapkan dan mengajak masyarakt dusun loputih untuk selalu melestarikan seni budaya karawitan ini jangan sampai hilang atau musnah dengan adanya musik musik yang moderen.

Juminten salah satu pengerawit saat kami temuai juga menyampaikan, bahwa seni karawitan ini juga harus di lestarikan bersama sama karna seni karawitan salah satu peningalan nenek moyang yang harus di lestarikan dan di uri uri sebagai generasi penerus seni jawa.

Ki dalang Suyadi sebagai pimpinan karawitan mulyo laras menambahkan dan ber harap agar nantinya untuk generasi generasi adik adik kita dan anak anak kita mengenal adanya seni karawitan kabudayan jawi, dan saya berharap dari semua kalangan  kabudayan jawa karawitan  ikut serta melestarikan seni jawa kususnya karawitan ini, imbuh Suyadi.

Sekali lagi saya berharap kepada teman teman saya bisa lebih bagus lagi dan lebih maju karawitan ini yang saya pimpin ini,  pungkasnya.

Reporter : Rebianto
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"