Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 22 Agustus 2020

Di Demo Massa, DPRD Lamongan Menyerah

Lamongan SNN.com - Demo Yang Kesekian Kalinya Yang Menolak Raperda RTRW Di Lamongan Di Lakukan Sampai Malam Hari. Demo lanjutan yang ke empat di depan Gedung DPRD Lamongan ini, terlihat dengan massa yang lebih besar. Tuntutan yang mereka sampaikan tetap sama yaitu menolak adanya Raperda RTRW karena dinilai tidak aspiratif dan cacat hukum, Jumat (21/8/2020).

Aksi yang dimotori oleh HMI, GMNI, PMII, Fornasmala, Pemuda Pancasila, dan Ansor tersebut, Dalam orasi yang di lakukan bersama itu, Selain mengkritisi Raperda RTRW, aksi lanjutan ini dilakukan karena ada dugaan indikasi Dewan akan mengesahkan perda yang selama ini banyak mendapat penolakan itu secara diam-diam dan tertutup. Menurut Informasi Yang Ada, DPRD Lamongan Akan Menggelar Sidang Paripurna Di Hari Cuti Bersama Ini,Begitu ada info aksi, Paripurna ditunda sampai malam nanti.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari HMI lamongan mengatakan, aksi ini merupakan sebuah dukungan dari elemen masyarakat yang ikut mengawal tentang Raperda RTRW.


"Kita semua wajib peduli dan harus ikut mengawal bersama dengan seluruh element masyarakat untuk melawan menolak Raperda RTRW Karena selain tidak aspiratif dan cacat hukum sejak awal. Jangan sampai Raperda itu di sahkan, kita akan tetap lanjutkan demo sampai malam", tegas Yhongki ketua HMI Lamongan.

Aksi demo itu akan terus berlanjut sampai malam hari, meski sebelumnya aksi sempat berhenti sejenak untuk menunaikan sholat Jum'at bersama.

Sebelum nya mediasi sempat berjalan alot karena aliansi pendemo tetap tegas dan kukuh dengan tuntutannya, agar raperda RTRW dibatalkan dan diserahkan kembali kepada eksekutif. Tapi, Ketua Pansus 1 yang membahas Raperda justru sempat menawarkan audiensi.

Meski sempat berjalan alot, tuntutan aksi massa Aliansi Mahasiswa Lamongan Melawan dan Gerakan Rakyat Melawan yang dilakukan sampai malam hari itupun tidak sia sia akhirnya aspirasi tersebut terkabulkan. DPRD Lamongan akhirnya menyerah. Melalui Sekretaris Dewan, Aris Wibawa, para wakil rakyat itu membatalkan rapat paripurna pengesahan RTRW Lamongan 2020-2040, Terhitung Jum'at 21 Agustus pukul 19.00 dan seterusnya.

"Tapi kita jangan sampai terlena. Semua harus terus waspada dan mengawasi, siapa tahu tiba-tiba ada paripurna. Ingat, kita akan datang lagi dengan massa yang lebih banyak lagi jika itu tetap terjadi," ujar Falahudin, korlap aksi demo ini.

aksi demo berakhir dan semua massa yang tergabung membubarkan diri dengan damai.

Reporter : Gaston
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"