Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 19 Agustus 2020

Personil Rakso Yogyakata Disiapkan Menjelang Tahun Baru Hijriyah 1442

Yogyakarta, SNN.com - kesiapan Rakso Yogyakarta yang lebih di kenal masyarakat luas dengan sebutan Rakso Ngayogyokarto Hadi Ningrat sudah semakin matang, perkumpulan Relawan keamanan Yogyakarta " Rakso Yogyakarta" yang akrab di kenal Rakso Ngayogyokarto Hadiningrat merupakan wadah masyarakat Yogyakarta yang mempunyai rasa kecintaan dan kepedulian pada ke - Istimewa-an Yogyakarta,dan menangkal setiap bentuk kejahatan dan unsur lain yang dapat mengganggu kewibawaan pemerintahan baik di dalam Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat maupun diluar Keraton di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sesuai dengan tugas " Rakso " membantu dan mendukung pelaksanaan Hajad Dalem Keraton Ngayogyokarto Hadiningrat dan membantu kepentingan masyarakat Yogyakarta terkait dengan sosial dan budaya,memberikan contoh pola pikir dan pola tindak kepada masyarakat sekelilingnya untuk menjaga citra budaya jawa yang adiluhung agar tetap hanjayeng bawana.

Rakso ini sebetulnya sudah berdiri bertahun - tahun akan tetapi mendapatkan badan hukum belum lama,sesuai keputusan Mentri Hukum dan Hak asasi Manusia Republik Indonesia tentang pengesahan pendirian Badan Hukum Nomor AHU-0003214.AH.01.07.tahun 2020.

Banyak nama - nama Besar di dalam Rakso Yogyakarta sebagai Ketua Joko Waluyo,Sekjen,Ngadiyar Bendahara Dani Suryadi,juga nama - nama besar lain seperti Andi,Barowi dan deretan tokoh - tokoh lain.

Saat di temui media pada Rabu ( 19/8/2020 ), ketua Rakso dan Sekjenya menyampaikan bahwa Rakso menghadapi malam tahun baru hijriyah 1442 mengirim personil di beberapa titik  termasuk di Gunungkidul untuk membantu menjaga situs - situs bersejarah agar terjaga kelestarianya,

" Di sana saya serahkan kepada temen - temen Gunungkidul,ada sudara Wajiyo,Mungkas,Mbah Pri dan lain - lain,dari bawah juga kami kirim beberapa personil untuk naik," tegasnya.

Joko menambahkan bahwa personil di bawah di plot di beberapa titik seperti kota gede,parang kusumo dan lainya,untuk puroloya semuanya saya serahkan kepada mas Andy selaku punggawanya.

" Kepada temen - temen yang sedang bertugas agar tetap menjaga stamina pakai masker tetap menjunjung nawa cita juga marwah yogyakarta tetap mengedepankan santun," Pungkasnya.

Reporter : Supriyanto
Editor     : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"