Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 14 Agustus 2020

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi : Momentum Bertraformasi

Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda, bersama Forkopimda Kabupaten Tuban menghadiri Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke - 75, di ruang rapat Paripurna DPRD Tuban, Jumat ( 14/08/2020 ).

Hadir dalam acara kenegaraan  itu jajaran Pimpinan DPRD beserta anggotanya, Sekda Tuban Dr Budi Utomo, bersama Pimpinan OPD Pemkab Tuban.

Pada kesempatan ini Presiden RI, Ir. Joko Widodo menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur menyerukan, agar Peringatan HUT RI tahun 2020 menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk mengejar ketertinggalan melalui lompatan besar dengan melakukan tranformasi. Mengingat hampir 215 negara tengah menghadapi Covid -19 yang membuat kemunduran ekonomi.

Negara - Negara tersebut tanpa terkecuali, tengah di hadapkan permasalahan berupa pertumbuhan ekonomi minus belasan persen, sampai minus 17 %. Sedangkan Negara Indonesia di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi negara kita masih plus 2,97 %, tapi di kuartal kedua kita minus 5,32 %.

Presiden Jokowi menekankan Bangsa Indonesia perlu membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, Pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan Pendidikan.

“ Saya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para Ulama', pemuka Agama, dan tokoh - tokoh budaya agar menjadikan momentum musibah pandemi ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar,” paparnya.


Meski di tengah pandemi Covid -19, Bangsa Indonesia harus tetap bersyukur dalam memperingati 75 tahun Indonesia Merdeka. Lebih lanjut, pada usia ke - 75 tahun ini Bangsa Indonesia telah menjadi Negara Upper Middle Income Country.

“ 25 tahun mendatang, di usia seabad Republik Indonesia, kita harus mencapai kemajuan yang besar, menjadikan Indonesia Negara Maju,” papar Jokowi.

Politisi kelahiran Solo ini menerangkan, krisis yang melanda Negeri memaksa masyarakat untuk merubah pola pikir dan etos kerja. Fleksibilitas, kecepatan, dan ketepatan sangat di butuhkan. Efisiensi, kolaborasi, dan penggunaan teknologi harus di prioritaskan. Kedisiplinan Nasional dan produktivitas Nasional harus di tingkatkan.

“Jangan sia - siakan pelajaran yang di berikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan,” jelasnya.

Di samping itu, sistem Pendidikan Nasional harus mengedepankan nilai - nilai Ketuhanan, yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi. Ideologi dan nilai - nilai luhur Bangsa tidak boleh di pertukarkan dengan kemajuan ekonomi. Peran media - digital yang saat ini sangat besar harus di arahkan untuk membangun nilai - nilai kemanusiaan dan kebangsaan.


Presiden Jokowi menyampaikan terima kasih kepada tenaga medis dan semua pihak yang mendukung penanganan Covid -19. Belajar dari krisis kesehatan tersebut, perlu adanya reformasi fundamental di sektor kesehatan. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat harus di utamakan melalui penguatan kapasitas SDM, pengembangan Rumah Sakit dan balai kesehatan, serta industri obat dan alat kesehatan harus di prioritaskan.  Ketahanan dan kapasitas pelayanan kesehatan harus kita tingkatkan secara besar - besaran.

Presiden Jokowi mengingatkan tujuan besar yang ingin di capai Bangsa Indonesia hanya bisa di capai melalui kerja sama seluruh komponen Bangsa dengan gotong royong, saling membantu, dan saling mengingatkan dalam kebaikan dan tujuan yang mulia.

“ Rakyat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan, penuh toleransi dan saling peduli, sehingga masa - masa sulit sekarang ini bisa kita tangani secara baik,” terangnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"