Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 01 Juni 2021

Gubernur Khofifah Resmikan Produk Wisata Baru di Desa Wisata Tirtosari View Lumajang


Lumajang, SNN.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi konsep ‘Wisata Alam dan Wisata Amal’ yang diusung oleh Desa Wisata Tirtosari View, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang untuk menjadi pendukung Bromo Tengger Semeru.

“Konsep Wisata Alam dan Wisata Amal ini luar biasa sekali. Bahwa sebagian income dari pengelolaan desa wisata ini akan dikembalikan dalam program pemerintah desa seperti bantuan bagi warga yang meninggal, bantuan operasional masjid, sampai dengan tunjangan bagi guru ngaji dan guru kontrak yang ada di desa ini. InsyaAllah ini jadi ladang amal jariyah bapak ibu, dan banyaknya rizki akan membawa keberkahan,” kata Khofifah saat meresmikan Produk Wisata Baru dan Festival Wisata Desa (FWD) di Desa Wisata Tirtosari View, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Minggu (30/05/2021) sore.

Menurutnya, konsep ini merupakan sebuah keunggulan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Penanggal. Dimana dari wisata yang berbasis pada keindahan alam ini masyarakat juga bisa menyemai keberkahan di lingkungannya.
 
Ia berharap, konsep ini bisa menjadi referensi bagi daerah wisata lain di Jatim maupun Indonesia.

“Ini harus jadi sumber kerukunan dan sumber kebahagiaan bagi masyarakat sekitar. Bahwa dari income yang didistribusikan ke lembaga-lembaga tadi insyaAllah juga akan meningkatkan harkat martabat, SDM serta kualitas IPM Desa Penanggal,” katanya.

Desa Wisata Tirtosari View ini sendiri terdapat area wisata atau fasilitas seperti kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang jernih dan tanpa kaporit, spot foto dalam air atau underwater, kolam koi dan nila, spot foto malam hari, serta kafe warna warni yang instagramable.

Pengembangan unit usaha wisata Tirtosari View ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim degan Pemkab Lumajang, pemerintah desa setempat, serta di Tahun 2021 ini didukung oleh  PT. HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo.

Untuk itu Khofifah mengajak masyarakat sekitar terutama wisatawan untuk turut serta menjaga keindahan alam dan kelestarian yang ada di Desa Wisata ini. 
Serta bagi masyarakat sekitar untuk terus menumbuhkembangkan potensi yang ada di Desa Wisata ini.

“Untuk spot foto under water misalnya, tolong dijaga sumber airnya dan kejernihan air. Seluruh wisatawan yang hadir di sini juga mohon bisa menjaga keasrian dan daya dukung alam supaya makin banyak orang yang bisa menikmati dan ketagihan kembali kesini,” katanya.

Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, desa wisata ini merupakan bagian dari program Klinik BUM Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Jatim. Pada pengembangannya  juga berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

“Kami berharap dari pengembangan Desa Wisata seperti ini maka akan meninwgkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Terimakasih Pak Kades atas seluruh inisiatip yang menampakkan hasil membanggakan. 
Kepada para pokdarwis dan BUM Desa yang lain tetap semangat dan teruslah berinovasi. 
Desa Penanggal Kecamatan Candipuro ini akan menjadi pendukung wisata Bromo Tengger Semeru, " pungkasnya.

Reporter  : feny 
Editor       : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"