Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA



Senin, 06 Juni 2022

HJL 453 Dijadikan Pemantik Kegiatan Ekonomi di Lamongan


Lamongan, SNN.com - Lamongan berkomitmen untuk menggairahkan kegiatan ekonomi kembali, setalah adanya kontraksi -2,63% yang merupakan dampak dari pandemi covid 19.  Ditengah kondisi pandemi yang kian melandai Lamongan  memanfaatkan momentum tersebut untuk memantik kegiatan ekonomi, salah satunya pada momen Hari Jadi Lamongan (HJL) yang ke-453. Upaya yang dilaksanakan ialah dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang terintegrasi dengan ekonomi kreatif. Hal tersebut diungkapkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Lamongan, Senin (6/6) di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Lamongan.

“Dengan momentum HJL ke-453 yang mengambil tema “Kolaborasi Mewujudkan Pembangunan Inklusif” diperuntukkan juga untuk pertumbuhan ekonomi Lamongan.  Melalui peringatan yang kami selenggarakan maka terselip juga maksud untuk memantik pergerakan ekonomi rakyat, khususnya ekonomi kreatif agar perekonomian di Lamongan pulih,” ungkap Pak Yes sapaan akrabnya.

Rapat paripurna yang digelar dalam rangka menyampaikan tanggapan atas pendapat, saran, serta himbauan dan pertanyaan oleh masing-masing fraksi yang telah disampaikan 30 Mei lalu memuat tentang solusi pendapatan daerah yang tidak mengalami kenaikan. Dalam paparannya Pak Yes menyampaikan bahwasanya akan dilakukan pendataan ulang objek pajak dan sinkronisasi data dengan program PTSL, dan juga program pembayaran online.

“Pada Agustus 2021 ada penghentian pemungutan, karena adanya pandemic yang menjadikan kondisi perekonomian tidak normal. Hal tersebut menjadikan pajak yang bersifat self assessment (pelaporan) terdampak, seperti pajak restoran, pajak hotel, pajak hiburan, dll. Maka dari itu kami akan memperbaiki dimasa sekarang yang mulai bergeliat kembali kegiatan ekonomi dengan cara dilakukan pendataan ulang objek pajak dan sinkronisasi data dengan program PTSL, dan juga program pembayaran online” papar Pak Yes.

Lebih lanjut Pak Yes menyampaikan upaya lain untuk meningkatkan pendapatan daerah  dapat ditembus dengan melalui optimalisasi sumber-sumber pendapatan secara ektensifikasi pendapatan, intensifikasi pendapatan serta penguatan kelembagaan yang dapat mendorong kemandirian daerah.

“Pemkab juga sudah melakukan koordinasi baik kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi  terkait menganggarkan dana sesuai dengan ketentuan, yangmana hal tersebut dapat mendorong kemandirian kita,” tutur Pak Yes.

Ucapan terimakasih juga diberikan kepada Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Parta Persatuan Nasional Rakyat Indonesia, dan Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya yang telah memberikan dorongan untuk selalu meningkatkan kualitas pelaksanaan keuangan daerah. (Zainal A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"