Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Selasa, 11 Mei 2021

BLT DD Tahap Satu di Bagikan Pemdes Desa Alun Alun


Lumajang, SNN.com - Sedikitnya Enam Puluh warga Desa Alun Alun, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT -DD) tahap 1 bertempat di balai desa setempat, Selasa siang (11/5/2021).

Acara dihadiri Forkopimka Ranuyoso, Babinsa, Babinkamtibmas, berikut tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan warga penerima manfaat.

Selain dapat Bantuan Langsung Tunai, kepala Desa Alun Alun juga menghimbau agar selalu memakai  masker jaga jarak dan sering mencuci tangan, Hal ini untuk memutus mata rantai penularan penyebaran Covid-19.

Dalam sambutannya kades Alun Alun H. Dulhanan mengatakan, ”Mari kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita semua. Termasuk bantuan yang diterima hari ini. Gunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga, jagan dibelanjakan hal yang tidak perlu,” ujarnya.

Masih menurut, Abah Holla panggilan akrab Kepala Desa Alun Alun, bantuan langsung tunai sudah menjadi hak warga kalau sudah waktunya turun dari pemerintah, pemdes langsung menyerahkan tanpa menunggu hari berikutnya, semua adalah amanah.
Untuk hari ini yang diterima bulan Februari sebesar 300 ribu

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I bulan 2, merupakan program lanjutan dari pemerintah untuk masyarakat terdampak corona.

Untuk penerima bantuan pada tahun ini, jumlahnya banyak pengurangan. Sebelumnya ada 168 penerima, sekarang cuma 60 penerima.
Jadi ada pengurangan 108 orang penerima, lebih dari separuh.

Camat Ranuyoso Endhi Setyo Arifianto tidak henti hentinya mengingatkan aparat desa untuk tidak main main dengan bantuan yang berhubungan dengan masyarakat miskin.

Resikonya cukup besar selain dapat sangsi dari aparat hukum, juga harus dipertanggung jawabkan kehadapan yang Maha Pencipta.

Camat Ranuyoso yang akrab dipanggil Dony membenarkan, hari ini yang diterima warga BLT-DD tahap 1, yakni bulan januari, meskipun sudah berada dibulan mei

“Saya yakin pak kades tidak berani macam-macam dengan bantuan ini. Untuk tahap berikutnya akan segera diberikan, apalagi mau menghadapi hari Raya Idul Fitri, biar bisa dipakai belanja untuk hari raya,” ujarnya.

Dari 60 orang penerima bantuan langsung tunai (BLT) Tahap I bulan 2 sudah terverifikasi dan tidak mendapatkan bantuan yang lain, termasuk PKH, BPNT, JPS atau Baksos yang lain, sehingga sudah pasti tidak mendapat bantuan ganda.

Proses penyerahan bantuan ini tetap mematuhi aturan pemerintah dengan mengedepankan protokol kesehatan (prokes),wajib pakai masker, jaga jarak dan sesering mungkin cuci tangan, hindari kerumunan dan kurangi mobilitas, untuk menimalisir sesuatu yang tidak diinginkan, "pungkasnya.

Reporter : Arini
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"