Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA




Jumat, 07 Mei 2021

Mulai Dari Walikota Dan Bupati Kompak Gemakan Indonesia Raya


Gunungkidul, SNN.com,- Konsolidasi gerakan Indonesia Raya Bergema yang diinisiasi jaringan aktivis kebangsaan lintas kalangan For You Indonesia terus bergulir. For You Indonesia menemui Bupati Gunung Kidul Sunaryanto di kompleks kantor Pemkab Gunung Kidul. Turut mendampingi Kepala Dinas Kebudayaan Gunung Kidul Agus Kamtono dan Plt. Dikpora Gunung Kidul Edy Praptono. Sementara dari perwakilan For You Indonesia hadir seniman kawakan Nano Asmorodono, aktivis lembaga swadaya masyarakat Nono Karsono dan aktivis perempuan Yekti Utami. Jum'at 7/5/2021.

Bupati Sunaryanto menyambut baik gagasan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara kontinu di ruang-ruang publik. Bupati siap mendukung pelaksanaannya di lingkup jajaran Pemkab Gunung Kidul. 

Gerakan tersebut menurutnya dapat menggembleng mental dan kharakter seseorang agar semakin punya sikap cinta tanah air dan bela negara.

Bupati berpesan agar konsentrasi gerakan kampanye kebangsaan For You Indonesia kedepan dapat lebih ditekankan dalam jalur dunia pendidikan terutama dengan mengambil sasaran anak-anak hingga generasi muda. 

Kepala Departemen Seni Budaya Pancasila (Permen Sedap) For You Indonesia Nano Asmorodono mengapresiasi dukungan dan masukan Bupati Gunungkidul. 

Hal itu dikatakannya sejalan dengan tujuan didirikannya For You Indonesia yakni memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan muda. Sebagai penerus bangsa sudah semestinya kalangan muda memiliki pondasi kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan idiologi Pancasila serta spirit Bhinneka Tunggal Ika.

Tantangan kedepan menurut Nano Asmorodono adalah membuat rumusan pendidikan Pancasila yang cocok dan sesuai dengan selera kalangan muda. Pihaknya telah menyiapkan sejumlah program kerja lewat pendekatan seni dan budaya seperti seni pertunjukan, seni musik, seni rupa, video pendek, film, sastra, komedi, teknologi komunikasi, desain dan lainnya. 

Pekan lalu penggiat For You Indonesia juga telah beraudiensi dengan Bupati Sleman Koestini Sri Purnomo dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Keduanya juga menyambut baik gerakan Indonesia Raya Bergema dan akan menggerakkan seluruh organisasi perangkat daerah yang berada dalam kewenangannya untuk mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. 

Terpisah Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan surat edaran Gubernur untuk menunjang pelaksanaan gerakan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Surat edaran akan ditujukan kepada seluruh jajaran organisasi perangkat daerah di lingkup pemerintah DIY dan Kabupaten Kota. 

For You Indonesia mengajak para pemilik atau pengelola ruang-ruang publik seperti lembaga pendidikan, perkantoran swasta, perhotelam, pabrik, pusat perbelanjaan atau mall, obyek wisata dan lainnya dapat kontinu mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya satu kali sehari setiap pagi.

Awal pekan ini For You Indonesia telah melakukan survey kepada 591 orang. Hasilnya 95% lebih responden menyetujui Lagu Kebangsaan Indonesia diperdengarkan di ruang publik. 

Reporter : Supriyanto.
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"