Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 27 Agustus 2018

279 Kader POSYANDU Se- Kabupaten Tuban Mengikuti JAMBORE Kader

Tuban, Sorotnuswantoronews - Keberadaan Kader di Posyandu sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar sangat dibutuhkan, mereka adalah ujung tombak pelayanan kesehatan yang merupakan kepanjangan tangan puskesmas. Posyandu adalah merupakan salah satu kegiatan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat / UKBM dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dibiayai dari Dana Swadaya masyarakat serta dibina oleh petugas profesional. Terkait keberhasilan Posyandu sebagai wahana alih informasi dan olah ketrampilan ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah keberadaan dan pengelolaan Posyandu, utamanya para Kader Posyandu.

Saat ini Posyandu ( Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu ) memiliki peranan penting dalam peningkatan kesehatan masyarakat terutama ibu hamil, bayi dan balita. Keberadaan posyandu ini perlu terus diberdayakan dan mendapat dukungan masyarakat.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mengadakan acara Jambore Kader Posyandu untuk meningkatkan kinerja para Kader Posyandu yang dilaksanakan hari Senin, ( 27/08/2018 ) mulai pukul 07.00 WIB ini bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban. Sebanyak 279 kader Posyandu se- Kabupaten Tuban berkumpul untuk mengikuti kegiatan Jambore ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Hj. Endah Nurul K.S.TM.Kes. Kabid Kesehatan Masyarakat  Lulut Purwanto. DCN, serta Kepala Seksi Promkes dan Pemmas, Windu Budiati. SKM mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Tuban Ir. Sunarto, pada saat membuka langsung Jambore Kader Posyandu.

Acara Jambore Kader Posyandu ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja para Kader Posyandu, memberikan motivasi serta meningkatkan keterampilan para Kader Posyandu.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, sekaligus Ketua Panitia Lulut Purwanto. DCN memberikan arahan agar para peserta Jambore tetap menjalin Kebersamaan yang akan menumbuhkan kekompakan antar kader, agar para Kader Posyandu tetap semangat melanjutkan kegiatan Jambore Kader Posyandu ini.

Pada acara Jambore ini, peserta Kader Posyandu dibagi menjadi 7 kelompok yang mana per kelompok harus membuat nama kelompok sesuai bidang kesehatan untuk kegiatan Lomba Kader TBC, Lomba Kader Posbindu PTM, Lomba Kader Posyandu Remaja, Lomba Kader Lansia, Lomba Isi Piringku, Succes Story Telling Pendampingan Bumil Risti dan Lomba Jingle Germas / Kesehatan.

Terdapat Tujuh kompetisi yang dilaksanakan di Jambore Kader Posyandu  salah satunya yakni  Jingle Germas tentang aktifitas fisik, makan sayur dan buah, cek kesehatan secara berkala, kawasan tanpa rokok, menggunakan jamban sehat, periksa hamil secara teratur ke tenaga Kesehatan, makan dengan gizi seimbang, ASI Eksklusif, makanan pendambing ASI dan Vitamin A balita, timbang bayi dan balita ke posyandu, imunisasi bayi, anak, cuci tangan, tidak merokok, minuman keras, nafsadan bahan berbahaya lainnya, mengupayakan dan memakai sanitasi dasar, mencegah pencemaran lingkungan, saling mengingatkan untuk ber - PHBS.

Untuk Dewan Juri dari Ke Tujuh Lomba terdiri dari unsur Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan KB Kabupaten Tuban, FMM Kabupaten Tuban, PERSAGI Kabupaten Tuban dan Juri Tamu.

Kontributor : Agus
Editor.         : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"