Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 10 Agustus 2018

Krisis Air Melanda, Warga Saptosari Rela Jual Ternak

GUNUNGKIDUL, Sorotnuswantoronews - Kekeringan masih terus melanda sejumlah wilayah di Gunungkidul. Seperti yabg terjadi di Padukuhan Pringsurat, Desa Ngloro, Kecamatan Saptosari. Masyarakat bahkan harus merelakan kambing mereka dijual untuk membeli air.

Salah seoramg warga Pringsurat, Kasihani (35) mengaku sangat merasakan dampak kekeringan yang terjadi di wilayahnya. Selama ini ia telah menjual 4 ekor kambing peliharaanya untuk membeli air.

"Saya jual kambing saya dengan harga Rp 500 sampai dengan Rp 1 juta. Ya untuk beli air dari tangki yang harganya naik dari Rp 140 ribu menjadi Rp 150 ribu," ujar dia, Jumat (10/08/18).

Disinggung mengenai pelayanan dari PDAM, ia mengaku bahwa selama ini air sangat jarang mengalir. Sehingga tidak ada solusi lain selain membeli air dari tangki.

"Tahun lalu masih mengalir tetapi waktu itu menjadi rebutan warga," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dukuh Pringsurat, Suparno mengatakan, kekeringan terasa dalam 4 bulan terakhir. Tidak adanya sumber mata air serta tidak maksimalnya fungsi jaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kian memperparah krisis air.

"Pringsurat berada didataran tinggi, sehingga air dari PDAM tidak dapat mengalir. Bahkan sebagian besar masyarakat harus rela menjual hewan ternaknya untuk dijual, uangnya untuk membeli air bersih," kata Suparno.

Reporter : Supriyanto
Editor   : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"