Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 19 Agustus 2018

Bapilu Dan 2 Caleg Partai Berkarya Lamongan Kunjungi Makam Soeharto

KARANGANYAR, Sorotnuswantoronews - Astana Giribangun di Karanganyar ramai dikunjungi peziarah. Mereka ziarah ke makam mantan Presiden Soeharto dan Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto yang dimakamkan di Giribangun, Matesih, Karanganyar.

Tak ketinggalan Bapilu dan 2 Caleg Partai Berkarya Kabupaten Lamongan Takim dari dapil 1 dan Qudri dari dapil 3 ikut berziarah kemakam Bapak Pembangunan Soeharto, Sabtu (18/8/18).

Raut antusias tampak terlihat di wajah Bapilu dan dua kader Berkarya sebelum memasuki lingkungan pemakaman Presiden ke-2 Indonesia Soeharto dan istri, Siti Hartinah atau yang akrab disapa Ibu Tien.

Makam keduanya berada di dalam Rumah Joglo. Di dalam rumah dengan orname khas Jawa itu ada pula makam ayah Ibu Tien, Kanjeng Pangerang Haryo (KPH) Soemoharjomo, ibunya Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo, serta kakaknya, Siti Hartini Wudang.

Makam Soeharto berada di antara makam Ibu Tien dan kedua orang tua serta kakak Ibu Tien. Makam mereka berlima dilapisi batu marmer berwarna putih gading dengan ukiran motif bunga di sisi kanan dan kirinya.


Terpampang foto Soeharto, Ibu Tien serta orang tua dan kakak Ibu Tien di belakang makam mereka masing-masing. Ruangan makam-makam tersebut dapat menampung sekitar 100 orang.

Dua kader Berkarya yang didampingi Bapilu Lamongan masuk ke ruangan makam Soeharto dan Ibu Tien. Mereka datang untuk berziarah sekaligus meminta 'restu' kepada 'Bapak Pembangunan' itu. Mereka tampak khusyuk memanjatkan doa di depan makam Soeharto.

Takim mengatakan ziarah ke makam Soeharto merupakan salah satu bentuk silaturahmi yang menjadi tradisi masyarakat Jawa.

"Kami mendoakan agar (pak Harto) termasuk pendiri bangsa, pahlawan pembangunan, kami doakan agar diampuni segala dosa-dosanya. Saya kira itu saja tujuan kami," tuturnya.

Takim menambahkan, sebagai kader Berkarya ingin mendoakan Soeharto dan Ibu Tien agar diampuni segala dosa-dosanya. Apalagi, Soeharto berjasa dalam membangun Indonesia selama 32 tahun.

Sementara itu, Qudri menyebut dirinya berziarah ini untuk mendoakan Tommy agar bisa seperti sang ayah yang mampu membangun Indonesia selama 32 tahun kepemimpinannya dan Partai Berkarya bisa menempatkan kader terbaiknya di parlemen.

"Saya berdoa supaya Partai Berkarya bisa menang di pemilu 2019 dan Tommy Soeharto bisa seperti pak Harto, ini kan makamnya pak Harto," kata Qudri sambil tersenyum.

Reporter : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"