Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 22 Agustus 2018

MTsN Banyuwangi 1 Gelar Sholat Idul Adha dan Sembelih Hewan Qurban

Banyuwangi,SorotNuswantoroNews. - Takbir, tahlil dan tahmid kembali menggema di MTsN 1 Banyuwangi sekaligus menyertai saudara-saudara muslim yang datang menunaikan panggilan agung ke tanah suci guna menunaikan ibadah haji, rukun islam yang kelima.

Bersamaan dengan ibadah mereka di tanah suci,  seluruh siswa-siswi, guru, dan karyawan MTsN 1 Banyuwangi, beserta masyarakat sekitar madrasah  melaksanakan ibadah Sholat Sunnah Idul Adha dan dilanjutkan dengan tasyakuran dan pemotongan hewan qurban.

Apa yang dilakukan kemarin, hanya mempunyai satu tujuan, yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, serangkaian kegiatan telah disusun oleh pihak madrasah beserta OSIM MTsN 1 Banyuwangi. Kegiatan dimulai dengan i'tikaf dan takbir bersama semalam suntuk di masjid MTsN 1Banyuwangi.

Kegiatan berikutnya adalah Sholat Idul Adha berjama'ah dan dilanjutkan dengan syukuran bersama warga sekitar. Acara hari ini diakhiri dengan pemotongan hewan qurban, dua ekor sapi dan  dan dilanjutkan dengan pembagian daging qurban kepada warga sekitar madrasah dan sejumlah wali siswa.
,

Sementara itu, Salman, S.Pd. M.Pd selaku kepala sekolah  MTsN 1 Banyuwangi, di sela-sela penyembelihan hewan qurban mengatakan, bahwa terdapat banyak sekali kisah tentang pengorbanan, baik kisah-kisah dalam Al Qur’an, sirah nabi, dan kisah para sahabat.

"diantaranya, kisah Nabi Ibrahin AS. yang diperintahkan oleh Allah SWT. untuk menyembelih Nabi Ismail. Lalu kisah Qobil dan Habil putra Nabi Adam AS. Demikian juga kisah Uwais Al Qorni juga dapat dijadikan pelajaran hidup dan contoh serta suri tauladan dalam hal pengorbanan dalam menjalani hidup dan kehidupan, "ungkapnya, Rabu (22/8/18).

Masih dalam rangka kegiatan menyambut Idul Adha, kegiatan manasik haji sudah dilaksanakan hari sabtu kemarin dengan lancar diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dan dirancang sedemikan rupa untuk secara sistematis membimbing para peserta didik agar dapat melakukan suatu ketrampilan berhaji. Tujuan selanjutnya adalah memperkenalkan ibadah haji, rukun islam yang kelima ini sejak dini kepada seluruh siswa-siswi MTsN 1 Banyuwangi.

Sementara pengawas komite agus Binarto yang sering dipanggil gusbin mengatakan, kegiatan sholat idhul Adha dan berkorban dengan Hewan sapi ini setiap tahun selalu dilakukan tentunnya dapat persetujuan wali murid madrasah

"alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar "ujar gusbin yang juga sebagai wartawan senior itu

Reporter : gusbin
Editor   : Isvianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"