Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 14 Agustus 2018

Guna Meningkatkan Produksi Di Sektor Pertanian, Petani Harus Merubah Perilaku

GUNUNGKIDUL, sorotnuswantoronews - Supardi kamseno SE, STP, MM Menghimbau kepada petani di padukuhan Bulurejo Desa Monggol Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meningkatkan produksi disektor pertanian.

Himbauan tersebut di sampaikan di sela sela kunjungan komisi penyuluhan kabupaten gunungkidul pada senin, (13/8/18).

Di hadapan para petani yang tergabung di kelompok tani sido makmur, Supardi kamseno menghimbau, untuk meningkatkan produksi petani harus merubah perilaku di dalam menjalankan usaha pertanian, seperti belajar teknologi. Di mulai dari olah tanah sampai pemupukan yang tepat dan berimbang.

menurut supardi kamseno STP,SE,MM, kunjungan ini di laksanakan kepada kelompok yang sudah berkategori kelas utama. Salah satunya kelompok sido makmur ini sebagai wakil kecamatan saptosari.

"nantinya dari delapan belas kecamatan ini akan di ambil dua belas kelompok sekabupaten gunungkidul yang nantinya akan di laporkan kepada bopati dan nantinya akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut, "tambahnya.

Subaladi selaku ketua kelompok tani Sido makmur menyampaikan kepada komisi penyuluhan bahwa luas garapan kelompok tani sido makmur luas tegal 74,1hektar, luas pekarangan 13,7 hektar, hutan negara 70,2450 hektar, lain lain 4 hektar, total 162,0450 hektar.

"dari sekian hektar tersebut potensi untuk padi sekitar 40 hektar, jagung 10 hektar, kedelai 2 hektar, kacang 18 hektar, itu untuk mh satu, kemudian hasil produksi padi 4,3 ton perhektar, jagung 3,9 ton perhektar, kedelai 0,9 ton perhektar, kacang 1,1 ton perhektar, ubi kayu 5x5 batang 45 kg basah, total 18 ton perhektar basah, "ungkapnya.

subaladi memohon agar komisi penyuluhan atau dinas terkait untuk memberi bantuan alat pertanian guna mempermudah pelaksanaan pertanian.

"sebab selama ini segala sesuatunya hanya di lakukan secara manual oleh petani, "pungkas subaladi.

Reporter : supriyanto
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"