Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 29 Agustus 2018

Dispemas Desa Dan KB Kabupaten Tuban Menyelenggarakan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan Menuju Genre

Gambar Ruang Rapat Setda Kabupaten Tuban
Tuban, Sorotnuswantoronews - Guna meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai kependudukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  dan Keluarga Berencana  (Dispemas Desa dan KB) Kabupaten Tuban,  menyelenggarakan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan menuju Generasi Berencana ( Genre ) di Sekolah, Rabu, ( 29/08/2018 ).

Kegiatan di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban  ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Ir. Sunarto, MM. Tampak hadir Kabid Pengendalian Kependudukan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Shofia Hanik, dan Kepala Dispemas dan Desa, dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi.

Sunarto menyatakan,  Pemkab Tuban mengapresiasi  terselenggaranya kegiatan yang diikuti 40 guru dari sekolah tingkat SMP dan SMA, Insan Genre, Pusat Informasi Kependudukan ( PIK ) di Kabupaten Tuban, Menyikapi berbagai dampak kependudukan, diperlukan upaya konkrit untuk mengantisipasi,  dan mengatasi permasalahan yang ditimbulkan. Diperlukan sinergitas antara Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) untuk memaksimalkan langkah yang di ambil, Salah satunya  melaui sektor pendidikan dengan melibatkan guru,” papar mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban itu.

Dengan mengintegrasikan materi ke dalam kurikulum pendidikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami mengenai hal - hal yang berkaitan dengan kependudukan. Diantaranya,  pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif, serta di namika penduduk, berbagai pihak perlu segera menindak lanjuti sosialisasi ini dengan membentuk Sekolah Siaga Kependudukan,

Disamping itu, perlu mengaitkan dengan permasalahan lain yang dihadapi remaja. Melalui cara itu, akan mampu mengembangkan pola pikir dan kemampuan peserta dalam menyikapi kependudukan, Juga sebagai upaya untuk menyiapkan dan membentuk generasi muda yang berkualitas,” terangnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Kependudukan dan KB Dispemas Kabupaten Tuban, Suwahyu, mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah pembinaan bagi guru untuk mendukung program kerja Pemkab Tuban.  Tidak hanya itu, nara sumber yang di libatkan pada kegiatan ini berasal dari BKKBN Provinsi Jawa Timur, BNNK Tuban, dan Dispemas Kabupaten Tuban.

Kontributor : Agus
Editor.         : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"