Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 31 Agustus 2018

Proyek Pembuatan Pasangan Tanggul Wedok Desa Ngadipuro Kecamatan Widang Kabupaten Tuban, Terindikasi Tidak Sesuai Spesifikasi Teknik

Tuban, Sorotnuswantoronews - Proyek Pembuatan Pasangan Tanggul Wedok di Desa Ngadipuro Kecamatan Widang Kabupaten Tuban dinilai banyak yang terindikasi tidak sesuai spesifikasi. Diantaranya penggunaan ukuran diameter pembesian. Panjang dan kedalaman minipel.

Hal yang menyangkut item item pekerjaan tersebut diduga tidak sesuai rencana awal di dalam perjanjian kontrak kerja.

Seperti diketahui, pembangunan proyek pembuatan pasangan tanggul wedok di Desa Ngadipuro dikerjakan oleh CV. Baginda Ababiel. Pelaksana proyek yang beralamat kantor di Dusun Lengki RT.021, RW.005 Pakel Kecamatan montong Kabupaten Tuban tersebut di dalam proses pelaksanaan pekerjaannya terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknis yang tertuang di dalam Rencana Anggaran Biaya ( RAB ) sebagaimana yang telah disepakati dalam perjanjian kontrak.
Dugaan sementara, diameter besi yang dipakai diduga besi dengan ukuran 7,40 mm SNI, semestinya menggunakan besi dengan diameter 8 mm SNI. Untuk besi ukuran diameter 10 mm SNI, tapi diduga  di dalam pelaksanaannya justru menggunakan besi ukuran diameter 9,60 mm SNI.

Lebih dari itu, di dalam pelaksanaannya pemasangan minipel yang seharusnya kedalamannya 2 meter, akan tetapi di dalam pelaksanaannya diduga hanya 1 meter kedalamannya. Dan jumlahnya diduga cukup banyak, berkisaran 20 lebih batang minipel.

Dengan pekerjaan yang diduga tidak sesuai spesifikasi teknik tersebut, dikhawatirkan akan mempengaruhi umur proyek di kemudian hari. Lebih dari itu, pelaksana proyek tersebut diduga merugikan keuangan Negara dan juga masyarakat.

Lebih lanjut, dibutuhkan pengawasan yang optimal dari semua pihak yang berkompeten. Baik dari Konsultan, internal Dinas maupun DPRD Kabupaten Tuban yang salah satu tupoksinya adalah " Pengawasan ", agar kepercayaan masyarakat terhadap Birokrasi Pemerintah bisa senantiasa tetap terjaga.

Kontributor : Agus
Editor.         : Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"