Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 22 Desember 2019

Pemerintahan Desa Bedahan Lakukan Fogging Masal Dan Gerakan PSN Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Lamongan, SNN.com - Lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Hal itulah yang melatar belakangi Pemerintah Desa (Pemdes) Bedahan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur melakukan sejumlah kegiatan untuk mencegah serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

KEPULAN asap terlihat saat wartawan koran ini melintas di sepanjang jalan Satu Desa Bedahan, Kecamatan Babat, Minggu (22/12/2019).

Ternyata pemdes setempat sedang melakukan fogging masal. yang rencananya akan dilakukan di semua sudut rumah se Desa Bedahan.

Biasanya, fogging dilakukan ketika ada korban di daerah setempat. Namun, yang dilakukan pemdes justru melakukan pencegahan dini dengan fogging sebelum ada korban.


“Memang, fogging ini diagendakan pemerintah desa. Jadi bukan karena ada warga yang terserang DBD baru kita ambil tindakan. Ini semua inisiatif pemdes untuk mencegah penyakit DBD menyerang warga,” jelas Kepala Desa Bedahan Djuli Dariyanto kepada sorotnuswantoronews.com.

Dijelaskan Djuli, fogging masal adalah program peningkatan mutu kesehatan bagi warga, yang mana program tersebut merupakan program pencegahan penyakit DBD yang dapat menyerang warga.

Diungkapkannya, untuk anggaran pelaksanaan fogging masal di Desa Bedahan bersumber dari dana desa tahun anggaran 2019.

Selain fogging masal, pihaknya juga mengajak warga untuk terus melakukan pola hidup bersih dan sehat melalui gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kegiatan PSN itu berupa kegiatan 3 M yakni, menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampuangan air, menutup rapat tempat penampungan air dan mengubur barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk menular demam berdarah.


Ketua LPM Sutejo mengatakan, program peningkatan kesehatan masyarakat yang dicanangkan Pemerintah Desa Bedahan, sebagai masyarakat sangat mendukung sepenuhnya.

“Fogging secara masal jadi keinginan warga yang intinya untuk mencegah berkembangnya nyamuk DBD. Walaupun belum ada warga yang terserang, tidak ada salahnya lakukan pencegahan terlebih dulu,” ujarnya.

Senada diungkapkan Muhtarom Ketua BPD, Dirinya mendukung sepenuhnya giat fogging masal pemdes, yang melibatkan semua steke holder, dan dalam pelaksanaanya dilakukan secara terbuka.

“Yang terpenting bagi warga pelaksanaan kegiatan secara terbuka baik dari segi anggarannya, dan manfaat dari fogging masal dirasakan semua masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Wafa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"