Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 13 Desember 2019

Lanal Aru Gelar Upacara Memperingati Hari Nusantara ke - 19

Kepulauan Aru, SNN.com - Sejarah Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Sejarah tersebut selalu diperingati oleh seluruh Pangkalan TNI-AL, termasuk Pangkalan TNI -AL Kepulauan Aru.

Jumat, (13/12/2019), bertempat di Lapangan Apel Makotis Lanal Aru, Jl.Ali Moertopo, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, dilaksanakan upacara bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke - 19.

Upacara yang berlangsung khidmat ini dipimpin oleh, Danden Pomal Lanal Aru Kapten Laut (PM) Arman Riyanto dan diikuti oleh seluruh Prajurit dan PNS Lanal Aru.

Bertindak selaku Komandan Upacara, Palaksa Kal P.Trangan Letda Laut (P) Surya Wahyudi.
Selaku Perwira Upacara, Kasatbek Lanal Aru Letda Laut (S) R.Arifin, Pembaca Pembukaan UUD 1945, Kopda Jas Dedy.

Komandan Lanal Aru, Letkol Laut ( P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla) melalui Irup Danden Pomal Lanal Aru Kapten Laut (PM) Arman Riyanto saat membacakan amanah Mentri Dalam Negeri intinya menegaskan, Pemerintah memberikan perhatian besar bagi kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir, pulau-pulau terluar dan terpencil melalui konsep Pembangunan Indonesia Sentris yang bertujuan agar rakyat Indonesia yang berada di pinggiran, di kawasan perbatasan, di pulau pulau terdepan, di kawasan terisolir merasakan hadirnya negara, merasakan buah pembangunan dan merasa bangga menjadi warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Presiden Joko Widodo dalam sambutan pelantikannya pada tanggal 20 Oktober 2019 menyampaikan visi Indonesia tahun 2045 menjadi negara maju. Untuk mewujudkan hal itu kita harus fokus pada dua agenda prioritas utama yakni pembangunan Sumber Daya Manusia dan infrastruktur dalam lima tahun ke depan (2019-2024).

Pembangunan Sumber Daya Manusia dilakukan dengan melakukan penguatan lembaga
pendidikan dan lembaga pelatihan, pemanfaatan teknologi informasi, mendorong inovasi dan kreativitas, dan yang paling penting adalah SDM unggul yang berhati Indonesia dan berideologi Pancasila. Pemerintah juga melakukan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan hingga di pulau-pulau terluar, serta mendorong link and match dunia
pendidikan dengan dunia kerja.

Pembangunan infrastruktur dilanjutkan untuk menghubungkan kawasan produksi dan kawasan distribusi, meningkatkan konektivitas dan akses ke kawasan wisata, kawasan industri dan kawasan produktif lainnya, termasuk sentra-sentra maritim seperti pelabuhan ikan, pelabuhan kontainer maupun pelabuhan penyeberangan.

Infrastruktur lainnya yang menjadi prioritas untuk dibangun antara lain: pembangunan jalan akses pelabuhan-pelabuhan tadi, peningkatan kualitas kawasan permukiman nelayan, pembangunan rumah khusus dan rumah susun nelayan, serta bangunan pengaman pantai dan ll jaringan irigasi tambak.

Pemerintah juga terus berkomitmen untuk mempercepat pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sebagai pusat pertumbuhan maritim, seperti Labuan Bajo, Likupang-Manado, Mandalika dan Morotai merupakan upaya Pemerintah meningkatkan daya saing, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan devisa melalui penciptaan event-event dan destinasi pariwisata berkelas dunia yang mampu menarik wisatawan asing maupun domestik.

Dalam peringatan Hari Nusantara hari ini, saya minta agar laut ditempatkan sebagai sumber daya yang potensial dan menjadi perekat budaya maritim. Stabilitas dan keamanan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur harus diwujudkan melalui peran aktif seluruh Negara di kawasan ini, termasuk Indonesia.

"Marilah kita bersama-sama, seluruh komponen bangsa untuk bekerja keras mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara maju dan berkeadilan pada tahun 2045. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi dan melancarkan usaha kita bersama menjalankan amanah pembangunan dengan penuh tanggung jawab,"ujarnya.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"