Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 13 Desember 2019

Siswa-Siswi Dan Guru IT Insan Cendikia Mengadakan Pelatihan Ecobrick

Semarang, SNN.com - Seluruh Siswa-Siswi dan Seluruh Guru IT Cendikia   sekitar 240 Orang peserta mengikuti kegiatan pelatihan ecobrick. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (13/12/19) bertempat di halaman sekolah Smp IT Cendikia semarang.

Dalam kegiatan tersebut di hadirkan beberapa trainer  Profesional bersertifikat Global Ecobrick Aliance (GEA) seperti nara sumber dari purwokeling. MR. Adhi Pradana Sakti, Hadi Susilo, Yadhy Nurhayati, Sulistyowati, Rini Sukadarwati, Dra Eko gustini wardani pramukawati.

Dalam keterangannya disampaikan sisa plastik yang dibuat ecobrick harus benar benar kering dan bersih, hal itu lantaran plastik yang kotor dapat menimbulkan gas metan.


Dalam kegiatan tersebut diikuti 240 peserta dan dibuat menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 3 anak dan hasil seluruh ecobrick di yang dibuat oleh siswa yakni 80 botol ecobrick jadi rata-rata berhasil membuat satu hasil ecobrick.

Selain itu dari hasil  ecobrick tersebut dapat mengunci sekitar 18,580 kg sampah plastik. Rencananya akan  di buat kursi.


Pada kesempatan yang sama kepada awak media kepala sekolah Smp IT Insan Cendikia Aproni,S.Pd. menyampaikan agar anak-anak cinta dan peduli  lingkungan dengan mengolah limbah plastik menjadi barang  yaitu kursi, atau meja.

"Selain itu untuk membangun karakter guru dan siswa siswi agar mengetahui salah satu cara alternatif proses atau cara pengolahan sampah plastik dengan metode ecobrick guna menyelesaikan masalah limbah atau sampah tersebut baik yang terdapat dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat menjadi karya yang bernilai seni dan ekonomis, "ungkapnya.

Reporter : Adi Setijawan
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"