Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 13 Desember 2019

Desa Socorejo Menjadi Terbaik 1 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2019 Tingkat Nasional

Tuban, SNN.com - Pemerintah Desa ( Pemdes ) Socorejo, Kecamatan Jenu berhasil mendapatkan penghargaan Terbaik 1 Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional tahun 2019. Desa di pesisir utara Tuban ini menjadi yang terbaik setelah menyingkarkan 200 Desa peserta perwakilan dari 74.754 Desa di seluruh Indonesia.

Penganugerahan penghargaan ini di serahkan Dirut BPJS Ketenagakerjaan kepada Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim di Ballroom Plaza BPJAMSOSTEK Lt. 6 Jl. HR. Rasuna Said Kav. 122  pada acara Malam Apresiasi 42 Tahun BPJS Ketengakerjaan dengan tema ‘ Tumbuh Bersama Pekerja Indonesia ’, Kamis ( 12/12/ 2019 ) malam.

Hadir mendampingi Kades Socorejo pada kesempatan ini Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag, MM; Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Drs. Joko Sarwono; Camat Jenu, Moch. Maftuchin Riza, S.STP; Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, dan segenap jajaran Perangkat Desa setempat.

Selepas mendapatkan penghargaan, Kepala Desa Socorejo mengucapkan syukur atas di raihnya penghargaan ini. " Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT sehingga kami mendapatkan penghargaan ini. Dan terima kasih kepada semua pihak khususnya Bapak Bupati Tuban, Ketua DPRD dan Camat Jenu atas segala dukungan dan arahannya selama ini," paparnya.


Alumnus UIN Yogyakarta ini juga mengungkapkan rasa bangga serta terima kasih atas kerja sama Sekdes Socorejo, Wintayah Putri, beserta seluruh Perangkat Desa dan perisai. Tak lupa juga kepada Direktur BUMDes Rohmad Hidayat beserta pengurus, Ketua BPD, LPMD, Karang Taruna beserta anggota, Ketua RT, RW, tokoh masyarakat, tokoh Agama, dan semua perusahaan di ring 1 Socorejo serta masyarakat.

" Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh warga masyarakat Socorejo tercinta," tambah Kades muda yang di kenal penuh dengan inovasi ini.

Kedepan Kang Arief Sapaan akrab Kades Socorejo juga menargetkan ada peningkatan keterlibatan masyarakat di program BPJS Ketenagakerjaan.“ Kalau tahun ini mengcover 3000 warga, tahun depan kami akan tingkatkan lebih banyak lagi, supaya lebih banyak masyarakat yang mendapat jaminan sosial lewat BPJS Ketenagakerjaan yang di kelola Desa Socorejo,” imbuhnya.

Asuransi tersebut merupakan program baik yang bertujuan melindungi jiwa raga masyarakat. Adapun premi asuransi yang di bayar tiap bulan sebesar Rp16.800 per orang. Asuransi ini sudah mengcover kecelakaan kerja, maupun santunan kematian. Pemerintah Desa Socorejo juga berterima kasih atas partisipasi dari PT Semen Indonesia, Silog, IKSG, KIT dan Perusahaan lainnya yang membantu 300 jiwa yang di biayai perusahaan." Di harapkan partisipasi perusahaan dari tahun ke tahun bisa meningkat," tambahnya.

Kades di pesisir Pantai Utara Jawa itu menambahkan, selain di bantu oleh perusahaan, BPJS juga dijalankan dengan inovasi bank sampah. Masyarakat di berdayakan untuk memilah sampah, untuk di jual kemudian uanganya dipakai bayar asuransi. Di samping itu ada hasil laut untuk bayar asuransi bagi nelayan. Skema terakhir asuransi di bayarkan melalui program Anak Mengabdi. Yakni setiap anak yang bekerja di perusahaan, wajib membiayai satu jiwa orang tuanya. Istilahnya anak bisa mikul duwur mendem jero.


Mendampingi Kades Socorejo menerima Penghargaan ini, Ketua DPRD Tuban, HM. Miyadi, S,Ag, MM mengungkapan rasa bangga dan apresiasinya kepada Pemdes Socorejo.“ Atas nama Pemerintah dan DPRD Tuban, kami memberikan apresiasi yang tinggi Kepada Desa Socorejo. Ini adalah buah kerja sama baik yang dilaksanakan oleh Kepala Desa bersama dengan Perangkat Desa, masyarakat, pihak Kecamatan dan Kabupaten,” ujar Miyadi.

Dengan keberhasilan tersebut, Miyadi berharap Kang Arif dapat menjaga dan menjamin kesejahteraan masyarakat Desa Socorejo melalui program BPJS Ketengakerjaan.“ Sehingga kesejahteraan masyarakat Desa dapat terjamin di tahun - tahun berikutnya,” imbuhnya.

Miyadi juga menambahkan bahwa Pemerintah akan terus mendorong agar Desa - Desa yang lain dapat mengikuti kinerja yang baik dari Desa Socorejo. Agar jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan akan tercapai di masing - masing Desa di Kabupaten Tuban.

Ucapan terima kasih juga diungkapkan Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Tuban, Rofiul Masyhudi  atas prestasi dan inovasi Pemdes Socorejo dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayahnya. Jika Pada tahun 2018 lalu Desa Karanglo Kecamatan Kerek harus puas menjadi terbaik 2, tahun ini Desa Socorejo Kecamatan Jenu berhasil menjadi Terbaik Pertama.

" Alhamdulillah tahun ini Socorejo Jenu terbaik 1, dan sangat membanggakan," katanya bangga.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"